Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 15 Jan 2020 20:15 WIB

Rapper Akon Jadi Pemilik Kota di Senegal

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pelantun lagu Smack That, Akon resmi memiliki sebuah kota di negara Senegal, benua Afrika. Bahkan, rapper tersebut menamakan kota itu 'Akon City' atau kota Akon, sesuai dengan namanya sendiri.

Melalui cuitannya di Twitter, Akon menuliskan bahwa ia akan mengepalai kotanya tersebut mulai saat ini hingga ke depannya. Dilansir dari CNN, Rabu (15/1/2020), Akon yang juga merupakan pria kelahiran Senegal itu akhirnya memiliki kota di tanah airnya sendiri.

Perlu diketahui, Akon adalah pria kelahiran Senegal, 16 April 1973. Pada usia 7 tahun, atau tepatnya tahun 1980, ia harus pindah ke Union City, New Jersey, AS. Di AS, ia merintis kariernya sebagai seorang rapper hingga sukses dengan lagu-lagunya yang beberapa kali masuk dalam nominasi Grammy.

Pada tahun 2018, Akon sudah pernah mengumumkan bahwa ia akan membangun sebuah kota canggih di atas tanah seluas 2.000 hektare (Ha) yang diberikan oleh Presiden Senegal, Macky Sall.


Akon City ini akan berkonsep crypto city, yakni kota yang memiliki sistem transaksi jual-beli dengan koin digital 'AKoin'. Di kota ini, konsep yang futuristik memang diutamakan.

"Saya benar-benar ingin membuat dampak besar di Afrika. Jika saya punya kesempatan untuk mewujudkan hal itu, Afrika akan saya jadikan seperti Amerika Serikat (AS)," kata Akon saat diwawancarai CNN pada tahun 2013.

Akon memang dikenal sebagai pemusik yang juga andal dalam dunia wirausaha. Saat ini, ia tengah fokus menjalankan usahanya dalam bidang energi terbarukan, yakni Akon Lightning Africa yang memasok listrik tenaga solar panel untuk negara-negara di Afrika.



Simak Video "Tragis! Rapper AS Pop Smoke Dirampok hingga Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com