Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Jan 2020 15:48 WIB

Diguyur Dana Desa Rp 5 T, Aceh Fokus Kurangi Angka Kemiskinan

Agus Setyadi - detikFinance
Foto: Infografis dana desa (Sudrajat-detikcom) Foto: Infografis dana desa (Sudrajat-detikcom)
Aceh - Pemerintah Pusat mengucurkan dana desa untuk Aceh pada 2020 sebesar Rp 5,05 triliun. Pemerintah Aceh menyebut salah satu fokus penggunaan dana desa tahun ini untuk menurunkan angka kemiskinan.

"Tahun 2020 Aceh dapat dana desa Rp 5,05 triliun. Fokusnya salah satunya penanggulangan kemiskinan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Gampong Aceh Azhari kepada wartawan, Kamis (16/1/2020).

Menurutnya, fokus penggunaan dana desa di Aceh sekarang sudah beralih dari pembangunan insfrastruktur. Azhari mengaku pencairan dana desa tahap pertama sebesar 40 persen akan dilakukan pada Januari.

Proses pencairan dana desa mulai tahun ini, sebutnya, sudah ada perubahan sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Sebelumnya proses pencairan dana desa tahap pertama yaitu sebesar 20 persen tapi kini jadi 40 persen.

"Sekarang dana desa ditransfer langsung dari pusat ke desa," jelas Azhari.

"Ini sesuatu kebijakan yang luar biasa dari pemerintah agar beliau menginginkan di triwulan pertama itu dana di desa itu sudah beredar sebesar 40 persen. Kalau ini bisa diwujudkan segera itu korelasi untuk menurunkan kemiskinan itu besar," sebutnya.



Seperti diketahui, Provinsi Aceh masih termiskin di Sumatera dengan jumlah penduduk miskin mencapai 810 ribu orang atau 15,01 persen. Meski demikian, penurunan angka kemiskinan di Tanah Rencong termasuk tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan data dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, jumlah penduduk miskin di Serambi Mekah pada September 2019 berkurang sembilan ribu orang dibanding Maret yang mencapai 819 ribu orang atau 15,32 persen. Dari jumlah itu, angka kemiskinan Aceh turun 0,31 persen.

"Penurunan angka kemiskinan Aceh nomor 7 terbesar di Indonesia. Tapi posisi kita karena provinsi lain juga sama-sama ingin supaya angka kemiskinan terus mengalami penurunan, ya kita tetap masih nomor enam secara nasional dan nomor satu di Sumatera. Masih tertinggi di Sumatera," kata Kepala BPS Aceh Wahyudin kepada wartawan dalam konferensi pers di Kantor BPS Aceh, Rabu (15/1/2020).

Menurutnya, angka kemiskinan nomor dua di Sumatera yaitu Bengkulu dengan presentase 14,99 persen.

"Jadi masih ada sedikit perbedaan dengan Bengkulu di 2019 ini," sebutnya.



Diguyur Dana Desa Rp 5 T, Aceh Fokus Kurangi Angka Kemiskinan


Simak Video "Bus Rombongan Siswa SMA Tabrak Dua Mobil di Jalan Lintas Padang-Solok"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com