Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 17 Jan 2020 11:54 WIB

Terendah Selama 29 Tahun, Ekonomi China Tumbuh 6,1%

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Internet/ebcitizen.com/Ekonomi China Tumbuh 6,1%
Jakarta - Pertumbuhan ekonomi China sepanjang 2019 tercatat 6,1%. Mengutip CNN Business angka tersebut merupakan yang paling rendah selama 29 tahun.

Perlambatan ekonomi ini terjadi karena jumlah utang yang meningkat, melemahnya permintaan domestik, dan dampak dari perang dagang yang terjadi dengan Amerika Serikat (AS) beberapa tahun lalu.

Pemerintah China memang menargetkan pertumbuhan ekonomi sepanjang 2019 di kisaran 6%-6,5%. Pemerintah menyebutkan kesepakatan dagang antara AS dan China diharapkan bisa mengurangi ketegangan yang terjadi antar kedua negara.


Wakil Perdana Menteri China Liu He mengungkapkan kesepakatan tersebut membawa optimisme untuk perekonomian China 2020. Dia menyebut China diharapkan tidak bergantung pada utang dan harus memiliki inovasi untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Selain pertumbuhan ekonomi, China hari ini juga merilis data penjualan ritel, industri dan kapasitas produksi hingga belanja modal untuk infrastruktur.

Sejumlah analis menyebutkan kesepakatan dagang fase pertama yang dilakukan China dan AS merupakan tantangan baru untuk kedua negara.

Terendah Selama 29 Tahun, Ekonomi China Tumbuh 6,1%




Simak Video "Marak Virus Corona, Turis Asal China Bakal Dicekal Datang ke Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com