Dari Bos Gojek Jadi Mendikbud, Nadiem: Ini Tugas Tersulit

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 17 Jan 2020 16:54 WIB
Foto: Dok Universitas Indonesia
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengakui sulitnya merubah sistem pendidikan di Indonesia. Mantan bos Gojek ini menilai tugasnya mengurus pendidikan adalah yang tersulit.

"Saya harus jujur terus terang ini adalah salah satu tugas yang menurut saya tersulit pendidikan," kata Nadiem dalam gelaran Indonesia Millenial Summit (IMS) 2020, di The Tribrata, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Nadiem bercerita tidak ada di negara mana pun yang bisa merubah dunia pendidikan dalam waktu cepat. Jika ada, itu bisa ditempuh dalam waktu 10-15 tahun.

"Luar biasa sulitnya hampir tidak ada kasus-kasus dunia pendidikan yang sukses, yang sukses pun bisa dilakukan dalam 10-15 tahun," tutur Nadiem.



Untuk itu, dia meminta maaf kepada masyarakat karena tidak mungkin membuat perubahan besar selama menjadi menteri dalam 5 tahun ke depan.

"Nggak ada menurut saya dalam waktu 5 tahun. Tidak akan tercapai. Semua ekspektasi masyarakat terhadap saya itu nggak akan tercapai dalam 5 tahun, mohon maaf," ucapnya.

Namun begitu, dia mengatakan setidaknya keberadaan dirinya adalah sebagai batu loncatan untuk memperbaiki sistem dunia pendidikan.

"Saya masuk ke arena di mana challenge-nya luar biasa besar. Belum ada bukti bahwa sebenarnya bisa diperbaiki. Tapi mindset saya adalah saya duduk di sini bukan untuk bener-benerin. Saya disini untuk melakukan lompatan yang sudah pasti mungkin 10-20% bisa berubah," ujarnya.



Simak Video "Nadiem akan Ubah Skema Perhitungan Dana BOS"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)