Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 21 Jan 2020 08:10 WIB

Yacht Bisa Merapat di Labuan Bajo Mulai Akhir 2020

Trio Hamdani - detikFinance
Yacht Bisa Merapat di Labuan Bajo Mulai Akhir 2020. Foto: Biro Pers Setpres
Labuan Bajo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pengembangan destinasi superpremium Labuan Bajo akan mulai dibenahi pada awal tahun ini. Sedikitnya ada 5 zona atau kawasan yang perlu ditata.

Lima zona yang menurutnya harus ditata, yaitu Bukit Pramuka, Kampung Air, pelabuhan peti kemas dan dermaga penumpang, kawasan marina, dan zona Kampung Ujung.

Jokowi ingin agar segmen pasar wisatawan yang hadir di Labuan Bajo yang pengeluarannya lebih besar dari wisatawan kebanyakan. Oleh karenanya pemerintah perlu melakukan integrasi, baik yang berkaitan dengan kerapian, kebersihan, dan kenyamanan, serta keamanan bagi para wisatawan.

Untuk kawasan Marina akan disediakan sejumlah fasilitas pendukung pariwisata, mulai dari hotel, area berbelanja hingga tempat parkir kapal yacht yang biasa digunakan oleh turis mancanegara.

Sementara untuk dermaga penumpang dan terminal peti kemas saat ini memang fungsinya masih tumpang tindih di satu lokasi. Pemerintah bakal memisahkan pelabuhan logistik dan penumpang. Saat ini hanya ada 1 pelabuhan yang beroperasi yaitu di Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo.

Lewat BUMN, pemerintah juga berupaya untuk membuat turis betah berlama-lama di Labuan Bajo.

Untuk fasilitas parkir yacht ditargetkan beroperasi akhir tahun. Bagaimana kesiapannya?
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com