Eks Komut Garuda Minta Irfan cs Tak Andalkan Penjualan Tiket

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 22 Jan 2020 13:14 WIB
Foto: Grandyos Zafna/Eks Komisaris Utama (Komut) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Sahala Lumban Gaol
Tangerang - Eks Komisaris Utama (Komut) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Sahala Lumban Gaol berpesan agar Garuda tak lagi hanya fokus pada penjualan tiket. Dia meminta, agar pengurus yang baru mengoptimalkan penerimaan non tiket. Garuda Indonesia kini dipimpin Irfan Setiaputra sebagai direktur utama.

"Kemudian direksi dan komisaris, jangan lagi mengutamakan penerimaan dari penumpang atau tiket. Jadi harus perlu dicari balance antara penerimaan tiket dengan penerimaan non tiket. Hopefully, harapan saya, penerimaan non tiket harus lebih besar," kata Sahala usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Garuda Indonesia Management Building, Tangerang, Rabu (22/1/2020).


Dia bilang, dengan begitu harga tiket pesawat bisa jadi lebih murah. Lantaran, penerimaan non tiket bisa menutupi penerimaan tiket.

"Jadi dengan demikian harga tiket di Indonesia akan lebih affordable karena akan dibungkus penerimaan kargo, dan non kargo lainnya," paparnya.


Dia menuturkan, Garuda saat ini masih fokus pada penerimaan tiket. Ia menyarankan Garuda mengubah pola bisnisnya yang lama.

"Selama ini sangat berfokus harga tiket, revenue tiket, harus diubah, dengan dia diubah, difokuskan kargo dan yang lain akan berkembang, akan kita lihat bagaimana balance sheet, dan ini penting direksi sekarang," ungkapnya.

Untuk diketahui, RUPSLB Garuda memutuskan untuk mengangkat Irfan Setiaputra sebagai Direktur Utama menggantikan Ari Askhara. Kemudian, menunjuk Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama menggantikan Sahala Lumban Gaol.

Simak Video "Pramugari Garuda Pakai Face Shield Ketimbang Baju APD, Ini Kata Dokter"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)