Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 25 Jan 2020 06:00 WIB

Kencangkan Ikat Pinggang! Tarif Tol Dalam Kota Segera Naik

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Tarif tol dalam kota akan naik/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Tol dalam kota (dalkot) ruas Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit telah mendapatkan restu dari pemerintah untuk penyesuaian tarif. Tol ini dioperasikan bersama oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) sejak 1994.

Penyesuaian tarif tol diatur oleh Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan aturan turunannya. Operator dapat mengusulkan penyesuaian tarif setiap dua tahun sekali yang besarannya mengacu pada inflasi daerah yang dilewati jalan tol.

Dalam keterangannya, CMNP menyatakan ruas tol dalam kota tersebut akan mengalami penyesuaian tarif dalam waktu dekat. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit.

"Sudah," katanya.

Tol ini terakhir kali mengalami penyesuaian pada 8 Desember 2017. Saat itu, tarif golongan I tol ini mengalami penyesuaian sebesar 5,91% dari Rp 9.000 menjadi Rp 9.500. Besaran kenaikan untuk semua golongan sendiri berkisar Rp 500-1.500 kala itu.

Tarif terbaru tol dalam kota ruas Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit ditetapkan lewat Keputusan Menteri PUPR Nomor 1231/KPTS/M/2019 yang terbit per tanggal per 31 Desember 2019 lalu.

Mengutip salinan aturan yang diterima detikcom, Jumat (24/1/2020), penyesuaian tarif tol terjadi untuk semua golongan. Mengacu kepada penyederhanaan golongan tol yang telah diubah pemerintah 2018 lalu, tarif tol kini hanya ada tiga nominal untuk lima golongan.

Golongan I terdiri atas sedan, jip, pikap/truk kecil, dan bus, golongan II truk dengan dua dan tiga gandar, dan golongan III truk dengan empat dan lima gandar.

Daftar tarif baru tol dalam kota. Langsung klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Penampakan dari Udara Longsor di Tol Cipularang"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com