Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Jan 2020 10:52 WIB

Menhub Minta Perketat Pemeriksaan Seluruh Pendatang dari China

Soraya Novika - detikFinance
Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta seluruh stakeholder transportasi untuk melakukan upaya-upaya antisipasi pencegahan masuknya virus corona ke Indonesia. Salah satunya ialah dengan memperketat pemeriksaan terhadap seluruh kru dan pendatang dari China.

"Menindaklanjuti imbauan dari Mensesneg, saya meminta seluruh stakeholder transportasi khususnya di sektor udara dan laut untuk memerhatikan perkembangan virus Corona di Wuhan, China dan melakukan upaya preventif yang lebih intensif," ujar Budi dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Senin (27/1/2020).

Budi mengungkapkan, upaya-upaya yang perlu dilakukan oleh para operator sektor transportasi udara dan laut salah satunya dengan melakukan pemantauan dan pemeriksaan penumpang dan kru yang lebih intensif, khususnya dari tujuan asal negeri China.

Lalu, melakukan koordinasi intensif dengan para stakeholder khusus KKP setempat, agar petugas di Bandara dan Pelabuhan internasional yang dilalui penumpang dari tujuan asal negeri China diharapkan menggunakan masker.

"Tadi malam saya telah meminta Dirjen Hubud, Dirjen Hubla berkoordinasi dengan AP I, AP II, Pelindo I s.d IV untuk segera melakukan upaya-upaya secara intensif," ungkapnya.



Simak Video "Penerbangan Rute China Ditutup untuk Waktu yang Tak Terbatas"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com