Mulai Hari Ini, Taksi Listrik Beroperasi di Bandara Soetta

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 27 Jan 2020 11:03 WIB
Foto: Peluncuran Grab Electric/Herdi Alif Alhikam-detikcom
Jakarta -

Salah satu aplikator penyedia jasa transportasi online Grab meluncurkan mobil listrik bernama Grab Electric. Mobil ini akan digunakan sebagai salah satu pilihan transportasi di Bandara Soekarno Hatta.

Grab Electric bisa mengantar penumpang dari dalam bandara menuju tempat tujuannya. Sejauh ini, Grab menyediakan 20 mobil listrik.

Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan bahwa kendaraan listrik adalah masa depan Indonesia. Dia mengklaim mobil listrik yang diluncurkan Grab adalah yang pertama di Indonesia.

"Kami melihat electrical vehicles ini adalah masa depan bagi Indonesia, ini keniscayaan bagi transportasi. Dampaknya positif buat lingkungan. Yang jelas ini adalah electric empat roda pertama yang diluncurkan di Indonesia," kata Ridzki dalam sambutannya di Terminal III Bandara Soetta, Tangerang, Senin (27/1/2020).

Ridzki juga mengatakan mulai pukul 12.00 WIB, layanan mobil listrik ini sudah bisa dipesan lewat aplikasi Grab.

"Layanan ini bisa digunakan langsung di aplikasi kita mulai hari ini jam 12.00 WIB," lanjut Ridzki.

Dalam acara peluncuran ini turut dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hingga Kepala BKPM Bahlil Lahaladia. Budi Karya sendiri menginginkan agar kendaraan listrik bisa digunakan untuk transportasi umum.

Menurutnya hal tersebut adalah permintaan Presiden Joko Widodo. Untuk itu dia meminta Grab bisa menambah lebih banyak kendaraan listriknya. Kalau sekarang baru 20 unit, Budi Karya meminta ada 100 unit di tahun 2022.

"Pak Presiden minta tahap awal kendaraan umum pakai listrik. Sekarang Grab punya 20, kalau bisa jadi 100. Nggak usah 2024, kalau bisa 2022 sudah ada," kata Budi Karya.

Sebagai informasi, Grab sendiri bekerja sama dengan pabrikan otomotif Korea, Hyundai dalam pengadaan mobil listrik. Mobil yang digunakan adalah Ioniq Electric.



Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)