Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Jan 2020 14:29 WIB

Pesawat Indonesia Ditolak Masuk Wuhan Gegara Corona

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Sejumlah Negara Rencanakan Evakuasi saat Cina Berjuang Tahan Wabah Virus Corona Foto: DW (News)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan menegaskan bahwa tidak ada lagi penerbangan dari dan menuju Wuhan. Bahkan hal ini sudah dilakukan sejak Kamis dan Jumat pekan lalu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan otoritas di Wuhan untuk menutup jalur penerbangan.

"Kemenhub sudah berkoordinasi dengan otoritas di Wuhan. Kita sepakat untuk saling menutup flight dari Indonesia ke Wuhan atau sebaliknya. Itu dilakukan sejak Kamis dan Jumat," kata Budi Karya di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

Bahkan Budi Karya sempat bercerita ada penerbangan yang tetap ingin terbang ke Wuhan, namun pemerintah China menolaknya.

"Ada satu penerbangan yang ingin tetap ke Wuhan ternyata ditolak oleh pemerintah China. Oleh karenannya kita akan konsentrasi terus dengan Kota Wuhan," ungkap Budi Karya.

Budi Karya juga menitipkan kepada petugas yang berjaga di bandara ataupun pelabuhan agar tetap profesional dan sopan. Meski begitu, pemeriksaan harus tetap insentif. Budi Karya juga meminta agar para petugas yang berjaga tetap memakai masker.

"Kita minta dengan petugas yang ada di bandara dan pelabuhan melakukan pemeriksaan yang lebih intensif. Tapi tetap harus profesional humble dan sopan. Kita juga sudah minta di frontliner menggunakan masker," ungkap Budi Karya.

"Kita juga menginstruksikan kegiatan ini juga dilaporkan," katanya.



Simak Video " Berikut Negara-negara yang Lockdown Gegara Wabah Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com