Akankah Corona Berdampak ke Investasi RI?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 28 Jan 2020 11:24 WIB
Penyebaran Novel Coronavirus (2019-nCoV) telah meluas ke sejumlah negara, termasuk Kamboja. Para siswa pun diimbau kenakan masker saat beraktivitas di sekolah.
Foto: AP Photo/Heng Sinith
Jakarta -

Wabah virus Corona disebut-sebut akan mempengaruhi perekonomian China. Selain itu, jika perekonomian China terganggu maka berpotensi berdampak ke negara-negara mitra investasi China.

Bagaimana dengan dampak Investasi ke Indonesia?

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjelaskan virus Corona saat ini belum berdampak signifikan terhadap investasi di Indonesia.

"Kalau di BKPM realisasinya saat ini belum terlihat, karena realisasi investasi Indonesia akan dirilis tanggal 29," kata Bahlil di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Dia mengungkapkan, di waktu awal dampak virus Corona belum terlihat. Namun kemungkinan bisa terlihat pada akhir Februari.

"Begini, kita semua berdoa agar masalah Corona ini bisa selesai. Karena Corona sudah bikin galau semuanya, semoga tidak berdampak pada perekonomian," jelas dia.

Mengutip data BKPM, realisasi investasi China ke Indonesia periode Januari-September 2019 sebesar US$ 3,3 miliar. China menempati urutan kedua setelah Singapura.

Kemudian pada kuartal III saja realisasi investasi China ke Indonesia sebesar US$ 1,1 miliar, menempati urutan ke 3 setelah Singapura dan Belanda.

Selanjutnya realisasi investasi Januari-September 2019 tercatat Rp 601,3 triliun. Terdiri atas realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp 283,5 triliun dan realisasi penanaman modal asing (PMA) Rp 317,8 triliun naik 8,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.



Simak Video "Virus Corona Disebut Sudah Menyebar di Italia Sejak September 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)