Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 28 Jan 2020 12:16 WIB

Minggu Ini Jokowi Kirim Surat ke DPR untuk Bahas Omnibus Law

Trio Hamdani - detikFinance
Jokowi memimpin rapat perdana. Dalam rapat ini dibahas soal ekonomi global hingga omnibus law Jokowi segera bersurat dengan DPR untuk membahas RUU Omnibus Law (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) minggu ini akan mengirimkan Surat Presiden (Surpres) yang dilampirkan dengan draf dan naskah akademis RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja kepada DPR RI. Surpres tersebut diperlukan untuk membahas RUU Cipta Lapangan Kerja di tingkat legislatif.

"Nanti kalau sudah resmi Surat Presidennya kan Presiden minta disampaikan minggu-minggu ini, mudah-mudahan hari-hari ini," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono ditemui di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Dia menjelaskan saat ini pemerintah sedang menyiapkan Surpres tersebut agar minggu ini bisa diserahkan ke Ketua DPR RI untuk ditindaklanjuti.

"DPR kan sudah menetapkan Prolegnas, di sisi pemerintah sedang menyiapkan Surpres dari Presiden. Hari-hari ini kami sedang menyiapkan draft Surpres ke Ketua DPR," sebutnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan instruksi Presiden, Surpres tersebut harus segera dikirim ke DPR secepatnya.

"Kalau Cipta Lapangan Kerja, Presiden sampaikan mengusahakan secepatanya, mestinya minggu-minggu ini lah," tambahnya.

Susi juga menjelaskan kedatangannya ke Kantor Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan untuk memberikan masukkan mengenai rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Tapi dia enggan berkomentar banyak.

"Di Bappenas sama Pak Luhut. Kami hanya dimintai masukkan keterkaitannya di sektor ekonomi," tambahnya.



Simak Video "Lewat Omnibus Law, Jokowi Harap Bisa Menyederhanakan Hukum"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com