Cegah Virus Corona, RI Mau Setop Sementara Impor dari China?

Arif Syaefudin - detikFinance
Rabu, 29 Jan 2020 15:23 WIB
agus suparmanto
Foto: Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (Anisa Indraini/detikcom)
Blora -

Pemerintah mewaspadai penyebaran virus Corona, salah satunya lewat pintu impor. Menurut Menteri Perdagangan Agus Suparmanto pemerintah mengawasi ketat impor bahan pangan.

"Berkaitan dengan kondisi sekarang, virus corona, kalau ekspor kita tidak ada masalah. Tapi untuk impor, memang sedang kita lakukan penanganan dan pengawasan, karena impor ini akan berpengaruh," jelas Agus saat melakukan kunjungan kerja di Blora, Rabu (29/1/2020).

Selain itu, pemerintah juga mempertimbangkan menutup sementara impor bahan pangan dari negara terjangkit virus Corona. Seperti diketahui virus Corona berawal dari Wuhan, China, sebelum menyebar ke sejumlah negara.

"Makanya kita melakukan, apakah itu nantinya penyetopan sementara dari negara terjangkit virus tersebut supaya kita juga aman karena virus ini juga cukup berbahaya. Kita tetap waspadai terutama bahan-bahan makanan karena ini cukup membahayakan," terang Agus.


"Kalau impor kita ini pada dasarnya untuk kebutuhan pangan masih cukup, cukup stabil. Barang-barang (diimpor) ini kan saat ini untuk konsumsi. Kalau konsumsi ini jadi kita bisa akan lebih selektif, karena bukan kebutuhan utama," lanjutnya.

Agus menambahkan Kementerian Perdagangan akan berkoordinasi dengan kementerian lainnya untuk masalah virus corona yang sedang melanda di sejumlah negara lain.

"Kita sedang bekerja sama dengan kementerian lain, kita sedang evaluasi. Karena tidak hanya satu dua (barang) ya sehingga harus hati-hati," paparnya.



Simak Video "Klaster Baru Covid-19 di Bejing Lewat Ikan dan Produk Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)