Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 30 Jan 2020 20:11 WIB

Haji dan Umroh

Garuda dan 3 Maskapai Ini Terpilih Jadi Operator Penerbangan Haji 2020

Puti Yasmin - detikFinance
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi Menteri Agama sebut ada 4 maskapai jadi operator penerbangan haji 2020. (Foto: Andhika/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah menetapkan 4 maskapai menjadi operator penerbangan jamaah haji Indonesia tahun 2020. Keempatnya adalah Garuda Indonesia, Saudi Arabia Airlines, Citilink, dan Flynas.

Pada tahun 2019, pemerintah hanya menetapkan dua maskapai menjadi operator penerbangan haji, yakni: Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines. Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan keputusan tersebut didasari harga ideal yang ditawarkan. Sehingga biaya yang dikeluarkan tidak akan lebih besar dari sebelumnya.

"Empat penerbangan membuat kita ideal nawar harga," kata Menteri Fachrul Razi usai rapat di DPR, Senayan, Jakarta.

Fachrul Razi juga menjelaskan bahwa harga ideal dari maskapai tak membuat pemerintah mengurangi standar kemanan dan kenyamanan jamaah haji 2020. Semua maskapai penerbangan diperhatikan betul kualitasnya.

"Kita tanpa sedikit tidak mengurangi keamanan dan kenyamanan. Ada kelayakan standar," tegasnya.

Sementara itu, pemerintah telah menyepakati Biaya Perjalanan Ibadah Haji tahun 2020 sebesar Rp 35.235.602. Dari angka tersebut, sebesar Rp 28 juta dialokasikan untuk tiket penerbangan pulang dan pergi Indonesia-Saudi Arabia.

detikers yang budiman artikel dan informasi seputar haji 2020 dan umroh bisa dibaca di sini. detikers juga bisa menikmati kumpulan berita harian Hikmah terbaru dan terlengkap seputar Islam dan kisah inspiratif di sini.



Simak Video " Diteken Jokowi, Berikut Biaya Haji 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com