Cocok Nggak Inna Group Kelola 106 Hotel BUMN?

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 31 Jan 2020 14:59 WIB
Hotel Grand Inna Samudera Beach Hotel
Foto: (Syahdan Alamsyah/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih mencari 'sosok' yang tepat untuk menjadi induk dari bisnis hotel-hotelnya. Rencananya, hotel-hotel BUMN yang diperkirakan berjumlah 106 dari BUMN yang berbeda akan digabungkan menjadi satu atap.

Sebelumnya, digadang-gadang bahwa PT Hotel Indonesia Natour (HIN) atau Inna Group yang akan kelola hotel-hotel BUMN. Jika melihat dari bisnis inti, HIN memang satu-satunya BUMN yang bergerak di bidang perhotelan. Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu pun berharap demikian.

"Saran saya si HIN saja (yang kelola hotel-hotel BUMN) karena dia memang dari dulu (bisnis intinya hotel). Yang lain pun bukan bisnis hotel. BUMN bisnis hotel hanya HIN," kata Said kepada detikcom, Jumat (31/1/2020).

Selain itu jika melihat dari kondisi perusahaan saat ini, HIN dinilai memiliki kompetisi yang cukup matang.

"Secara kompetisi HIN iya (cocok kelola hotel BUMN). Nggak ada pilihan lain," ucapnya.

Meski begitu, seandainya HIN yang ditunjuk sebagai pengelola pun harus dicari orang yang betul-betul profesional untuk menanganinya.

"HIN harus dicari orang profesional betul yang handle. Kalau perlu saran saya kerjasama dengan jaringan hotel Internasional agar berkembang," sarannya.

Cocok Nggak Inna Group Kelola 106 Hotel BUMN?


Simak Video "Selain Rangkap Jabatan, ICW Juga Soroti Jumlah Komisaris di BUMN"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)