Apa yang Berubah Usai Inggris Pisah dengan Uni Eropa?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Minggu, 02 Feb 2020 10:07 WIB
KTT Uni Eropa, Penentuan Brexit Hingga Konflik Suriah
Ilustrasi Brexit (Foto: DW (News))
Jakarta -

Sejak 1 Februari 2020 kemarin, Inggris resmi meninggalkan Uni Eropa (UE) setelah lebih dari tiga tahun referendum yang membuat negara itu terpecah belah.

Dengan resminya Brexit (Britain Exit) ini pun mengakhiri pertikaian politik yang telah bergulir selama bertahun-tahun, bahkan kadang hingga melumpuhkan kota Westminster. Peristiwa ini mengakhiri dualisme kepemimpinan antara United Kingdom (UK) dengan UE.

Dilansir dari CNN, Sabtu (1/2/2020), UK adalah negara pertama yang menarik diri dari UE dalam sejarah. Hal ini juga menutup bagian selama 47 tahun menjadi anggota negara UE.

Dalam Pesta Brexit di Parliament Square, kota Westminster, Perdana Menteri Britania Raya Boris Johnson menyerukan pesan kemerdekaan 1 jam sebelum kerajaan tersebut resmi ke luar dari anggota UE. Johnson mengatakan keputusan bulat Brexit ini sebagai lembar baru dalam pidato kenegaraannya.

Johnson berjanji setelah negara ini resmi meninggalkan UE, maka akan lahir perubahan secara nasional, dan itu nyata. Ia bahkan menjanjikan seluruh warga negaranya keadilan di antara empat kerajaan itu.

Lalu, apa yang berubah dengan cerainya Inggris dari UE ini?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Bagaimana Nasib Inggris Pascabrexit?"
[Gambas:Video 20detik]