Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 04 Feb 2020 13:18 WIB

Menaker Pastikan Pekerja RI di Luar Negeri Bebas Corona

Trio Hamdani - detikFinance
Lebih dari 20 ribu orang terinfeksi virus corona di berbagai negara dunia. Hal itu membuat AS larang penumpang masuk dari China untuk cegah penyebaran virus itu Ilustrasi Foto: Getty Images/David McNew
Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah hari ini menggelar telekonferensi dengan para petugas Atase Ketenagakerjaan (Atnaker) perwakilan pejabat RI di sejumlah negara, termasuk China untuk memonitor kondisi pekerja migran Indonesia dengan merebaknya virus corona.

Pada kesempatan itu, Ida memastikan bahwa kondisi tenaga kerja Indonesia di China maupun negara lain yang terdampak virus corona dalam keadaan baik.

"Kami pastikan seluruh pekerja migran kita dalam kondisi sehat dan kami juga ingin memastikan bapak ibu (Atnaker) melakukan komunikasi intens dengan para pekerja migran kita," kata Ida di Situational Room Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020).

Ida meminta para petugas Ketenagakerjaan di luar negeri bisa berkoordinasi dengan baik dalam menyikapi virus corona terhadap para pekerja Indonesia di sana.

"Ini kami lakukan sebagai bentuk koordinasi dalam upaya memberikan perlindungan kepada pekerja migran kita. Kita tahu akibat penyebaran virus corona, kami merasa perlu untuk saling mengetahui kondisi masing-masing," jelasnya.


Lanjut dia, Kemnaker akan menyediakan layanan 24 jam terkait pengaduan terhadap virus corona yang berkaitan dengan pekerja migran Indonesia.

"Dalam upaya pencegahan virus corona, Kemnaker sudah koordinasi intensif baik lisan maupun tertulis dengan para atase teknis, kepala bidang ketenagakerjaan di 12 negara. Tentunya tetap di bawah koordinasi perwakilan RI setempat," tambahnya.

Sebagai informasi, penyebaran virus Corona saat ini telah sampai ke 21 negara di seluruh dunia. Padahal virus ini terdeteksi pada pertengahan Desember tahun lalu.



Simak Video "Blak-blakan Menaker: Menjawab Kontroversi RUU Cipta Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com