Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 05 Feb 2020 16:24 WIB

3 Maskapai Raksasa AS Tutup Penerbangan ke China

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Epidemi Corona Bisa Jadi Beban Berat bagi Perusahaan Asuransi 3 Maskapai Raksasa AS Tutup Penerbangan ke China. Foto: DW (News)
New York -

Tiga maskapai raksasa asal Amerika Serikat (AS) menutup sementara rute penerbangan ke China. Tutupnya rute ini terkait wabah virus Corona yang semakin mengkhawatirkan.

American Airlines, maskapai terbesar AS, mengambil keputusan ini setelah 15.000 pilot pekan lalu menuntut perusahaan bertindak demi keselamatan awak kabin.

Maskapai dengan kode saham AAL ini mulai menutup sementara penerbangan ke China Jumat ini. Awalnya, hanya rute Los Angeles (LA)-Shanghai dan LA-Beijing saja yang akan dihentikan, namun kini semua rute ke China pun dihentikan. Sementara untuk rute ke Hong Kong masih dibuka seperti biasa.

"Berdasarkan keputusan Departemen Luar Negeri mengenai Travel Advisory level 4 untuk China (dilarang bepergian), American (Airlines) menghentikan sementara penerbangan dari dan ke China mulai hari ini sampai 27 Maret," kata AAL dalam keterangan tertulis yang dikutip CNN, Rabu (5/2/2020).

"Tujuan dihentikannya penerbangan ke China ini supaya para penumpang dan kru kami tetap aman, itu tujuan utama kami," kata Kapten Dennis Tajer, juru bicara Allied Pilots Association.

Delta Airlines juga akan melakukan hal yang sama terhitung mulai Kamis 6 Februari 2020 sampai 3 April 2020.

Delta masih akan melayani rute ke China sampai 5 Februari hari ini demi membantu masyarakat yang ingin keluar dari negeri Tirai Bambu.

"Tentunya penerbangan akan dipantau dengan sangat ketat," kata Delta dalam keterangan tertulis.


Saat ini Delta melayani 42 penerbangan antara AS dan China selama sepekan, termasuk rute harian Beijing ke Detroit dan Seattle, serta Shanghai ke Atlanta, Detroit, Los Angeles, dan Seattle.

Terakhir, United Airlines (UAL) menghentikan sementara penerbangan dari AS ke Beijing, Chengdu, dan Shanghai terhitung 6 Februari hingga 28 Maret 2020.

Penumpang yang terdampak atas kebijakan ini bisa mengajukan pengembalian dana (refund), pindah tanggal terbang (re-book), atau opsi lain dengan menghubungi masing-masing maskapai.



Simak Video "Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Ponsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com