Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 06 Feb 2020 15:32 WIB

Ini Dia Deretan Orang Paling Kaya di Hong Kong 2020

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Bank merupakan elemen penting yang dapat mengatur kebijakan moneter dalam suatu negara. Begitu pula untuk warga China, mereka memiliki beberapa Bank sentral besar salah satunya Bank Of China Hong Kong (BOCHK). Foto: Istimewa/jmhdezhdez.com
Jakarta -

Forbes merilis daftar orang terkaya Hong Kong tahun 2020. Dari daftar tersebut, seperti dikutip detikcom, Kamis (6/2/2020), 24 orang di antaranya kekayaannya bertambah dan 22 orang jumlah hartanya berkurang.

Perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan China turut mempengaruhi hal tersebut. Dalam jangka waktu satu tahun ketegangan dagang ini turut menciptakan kerugian dan keuntungan untuk orang-orang terkaya di Hong Kong.

Misalnya Li Ka-shing yang sebelumnya menduduki urutan pertama sebagai orang terkaya di Hong Kong, harus rela digeser ke posisi kedua oleh Lee Shau Kee seorang pengusaha properti raksasa Hendersond Land.

Kekayaan bersih Lee mencapai US$ 30,4 miliar. Namun kondisi pasar yang terus berfluktuasi bisa saja mendepak Lee dari urutan tersebut.

Selanjutnya ada keluarga taipan Cheng Yu-tung yang menduduki urutan ke 3. Kekayaan mereka meningkat menjadi US$ 20,7 miliar karena saham di Chow Tai Fook Jewellry Group dan New World Development melejit.

Kemudian ada juga pengusaha kaca Yeung Kin-man dan Lam Wai Ying yang kekayaannya naik hingga 70% menjadi US$ 8 miliar. Mereka diuntungkan karena permintaan untuk smartphone seperti Apple, Huawei, dan Samsung terus meningkat.

Tak hanya untung, ada juga pengusaha yang mengalami kerugian, yakni Fong Yun Wah dan Thomas Lau yang merupakan pendiri departemen store Sogo.

Melalui bisnis hotel dan propertinya, kekayaanya merosot hingga 30% karena turunnya tingkat okupansi dan pesanan. Pengusaha real estat Lo Siu-tong juga mencatat kerugian hingga US$ 1,27 miliar.

Disebutkan penurunan yang terjadi karena melemahnya permintaan konsumen. Hal ini terdampak kondisi politik yang sedang berlangsung.

Ini Dia Deretan Orang Paling Kaya di Hong Kong 2020


Simak Video "Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com