Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 06 Feb 2020 16:10 WIB

RI Mau Larang Impor Hewan Hidup dari China, Ada Primata hingga Ular

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Bekantan merupakan primata yang banyak ditemukan di kawasan Kalimantan. Penebangan hutan ilegal hingga karhutla mengancam kelestarian primata tersebut. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pemerintah mengambil keputusan melarang impor semua hewan hidup dari China. Kebijakan ini diambil untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Keputusan bahwa kita dilarang mengimpor mengenai hewan-hewan yang hidup. Semua yang hewan hidup ya semuanya itu. Semacam ada yang kura-kura, ular, dan reptil, itu nggak boleh. Itu berkaitan dengan virus," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Agus melanjutkan, untuk produk pangan holtikultura pemerintah masih memperbolehkan masuknya produk impor dari China. Agus mengatakan, pihaknya akan segera mengeluarkan aturan terkait kebijakan itu pada bulan ini.

Lantas, apa saja hewan hidup yang diimpor dari China?

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) seperti dikutip detikcom, Kamis (6/2/2020), hewan yang diimpor dari China yakni kuda hidup, primata hidup dan kelinci hidup.

Indonesia juga mengimpor reptil hidup mencakup ular dan kura-kura. Kemudian ada hewan hidup lainnya yang diimpor dari China.

Total nilai impor hewan hidup itu di tahun 2019 ialah US$ 314.295 atau setara Rp 4,27 miliar (kurs Rp 13.600).

RI Mau Larang Impor Hewan Hidup dari China, Ada Primata hingga Ular


Simak Video "Luar Biasa! Pasutri Ini Raup Ratusan Juta Rupiah dari Beternak Ular"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com