Round-Up 5 Berita Terpopuler

China Sesalkan Sikap RI, Ahok Disebut Dirut Menyaru Jadi Komut

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 06 Feb 2020 21:00 WIB
China Sesalkan Sikap RI, Ahok Disebut Dirut Menyaru Jadi Komut
Foto: Mardi Rahmat/20 detik: Dubes RRC untuk Indonesia Xiao Qian

Merebaknya virus corona menghebohkan seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jumlah korban meninggal akibat virus ini semakin bertambah setiap hari.

Belum lagi area penyebaran virus ini pun semakin meluas. Pemerintah RI pun mengambil langkah drastis demi menyelamatkan warganya.

Salah satu langkah tegas yang diambil pemerintah RI adalah menutup sementara penerbangan dari dan ke China. Langkah yang sangat disesalkan oleh pihak China.

Tidak hanya itu, pemerintah RI juga menghentikan sementara pemberian bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara China. Ditambah pemerintah juga melarang seluruh impor hewan hidup dari negeri tirai bambu.

Rupanya Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian tidak happy dengan keputusan itu. Xiao menyayangkan kenapa pemerintah Indonesia bersikap seperti itu.

"Menurut saya kalau ambil pembatasan seperti terhadap penukaran personal penerbangan dan perdagangan kami sangat tidak berharap itu dampaknya. Itu sebenarnya juga akan merugikan ekonomi perdagangan dan pariwisata Indonesia sendiri," ujar Xiao di kantor Kedutaan Besar China di Jakarta, Selasa (4/1/2020).

Baca selengkapnya di sini: China Bete ke Indonesia!