Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 07 Feb 2020 13:00 WIB

Basuki-Edhy Duet Pakai Bendungan Genjot Budi Daya Perikanan

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Bendungan Wonorejo Kurangi Jam Operasional PLTA Foto: Adhar Muttaqin
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hari ini menggelar rapat perihal insfrastruktur di kantornya. Dalam rapat pagi ini, Basuki mengundang beberapa menteri, salah satunya Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Edhy mengungkapkan pembangunan tambak atau kolam buatan di daerah pesisir seringkali terjadi masalah, sehingga harus dimanfaatkan secara maksimal agar berperan dengan baik. Oleh karenanya di perlukan sinergitas antarkementerian.

"Hari ini kita rapat kordinasi tentang semua sektor yang ada di bawah Kemenko Maritim dan Investasi. Ini bagus ya bagi KKP sangat meringankan kegiatan kita sehingga setiap ada masalah, ada hambatan kita bisa komunikasikan," ujar Edhy ditemui detikcom usai Rakor di Gedung PUPR, Jakarta, Kamis (7/2/2020).

Pemerintah diketahui punya banyak bendungan baru sehingga diharapkan bisa dioptimalkan potensi pemanfaatannya, salah satunya untuk perikanan budi daya. Edhy mencontohkan untuk sebuah budi daya di tambak.

"Sebagai misal nih kalau kita mau membangun tambak (di pesisir) nanti airnya bagaimana sumber daya air nya, ada Menteri PU membangun bendungan yang dimanfaatkan jadi perikanan," imbuhnya.

Edhy juga menyebut bendungan tersebut tidak hanya di bangun sekadarnya. Bendungan harus disesuaikan dengan kondisi wilayah agar berdampak baik dan bisa mengoptimalisasi potensinya.

"Bendungan perikanan itu kan juga nggak hanya sekadar itu saja lantas dibikin ruas wilayah ruangnya dan segala macamnya. Kemudian tambah ada kawasan hutan, nah ini komunikasi bagus," terangnya.

Edhy menjelaskan hal semata-semata untuk mendorong potensi pertumbuhan ekonomi di bidang kelautan dan perikanan.

"Kita harus segera mendorong potensi pertumbuhan di sektor KKP ini, dari segi perizinan kita sederhanakan kita bisa menghemat para pelaku kegiatan usaha termasuk nelayan semuanya dari pembudi daya dan sampai tangkap ini memudahkan," jelasnya.

Basuki-Edhy Duet Pakai Bendungan Genjot Budi Daya Perikanan


Simak Video "KKP Ajak Universitas Wollongong Kembangkan Kelautan dan Perikanan"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com