Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 09 Feb 2020 07:50 WIB

Mau Punya Rumah Tanpa Riba? Bisa Kok

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kementerian PUPR alokasikan anggaran rumah bersubsidi sebesar Rp 11 triliun. Hal itu diharapkan dapat bantu masyarakat penghasilan rendah untuk memiliki rumah. Ilustrasi/Foto: Antara Foto/Nova Wahyudi
Jakarta -

Memiliki rumah impian memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari mengumpulkan uang kemudian membeli secara cash keras, membangun dengan cara mencicil peralatan, mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR), hingga cicilan secara syariah alias tanpa riba.

Yes, tanpa riba. Saat ini sudah banyak pilihan jika ingin memiliki rumah tanpa riba atau secara syariah. Bagaimana ya caranya?

KPR di Bank Syariah

Mengajukan pembiayaan perumahan di bank syariah sudah menjadi hal yang umum. Ada sejumlah akad yang digunakan untuk proses pemilikan rumah ini.

Mulai dari akad Murabahah hingga Musyarakah Mutanaqisah (MMQ). Kepala unit usaha syariah PT Bank OCBC NISP Koko T Rahmadi mengungkapkan mengambil pembiayaan perumahan secara syariah bisa dilakukan oleh semua orang yang sudah memenuhi persyaratan bank.

"Kalau yang syariah itu ada akad yang menggunakan margin fix hingga akhir periode pelunasan. Jadi tidak mengikuti bunga di pasaran," kata Koko kepada detikcom akhir pekan ini.

Selain OCBC NISP, di BCA Syariah menawarkan pembiayaan perumahan dengan kepastian angsuran hingga pembiayaan berakhir. Selain itu juga ditawarkan margin berjenjang yakni margin awal lebih rendah dan bertambah besar secara bertahap.

Selanjutnya, jangka waktu yang ditawarkan oleh bank syariah juga lebih panjang. Sehingga nasabah bisa menyesuaikan dengan kemampuan bayar yang dimiliki.

Lalu, bagaimana lagi cara lainnya bangun rumah tanpa riba?

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com