Mau Beli Bawang Putih dan Cabai Murah? Di 22 Pasar Ini Ada Lho

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 09 Feb 2020 09:40 WIB
Operasi Pasar Bawang Putih Murah
Foto: Anisa Indraini
Jakarta -

Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) pagi ini menggelar operasi pasar bawang putih dan cabai di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pasar murah ini diadakan untuk menekan harga kedua bahan pangan tersebut yang semakin bergejolak.

Dalam acara ini, hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi, Kepala Bidang ketahanan Pangan Inti Pertiwi, dan Direktur Utama Food Station Arif Prasetio.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mengatakan, komoditas pangan seperti bawang putih dan cabai rawit merah sedang mengalami lonjakan harga. Hal itu lantaran cuaca yang akhir-akhir ini sedang musim hujan.

"Operasi pasar yang kita laksanakan hari ini utamanya untuk mengendalikan harga bawang dan cabai khususnya cabai rawtit merah. Akhir-akhir ini 2 pangan tersebut melonjak karena ini masalah cuaca dan sebagainya," kata Agung saat buka operasi pasar di TTIC Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (9/2/2020).

Agung menjelaskan, setiap harinya sebanyak 20 ton bawang putih disuplai ke 22 pasar di Jakarta. Sedangkan cabai rawit merah disuplai sebanyak 10 ton/hari yang didatangkan langsung dari Sulawesi Selatan, Sumatera Barat dan Kalimantan Selatan.

"Kita bersama-sama Kementan dan Food Station mengamankan pasokan harga. Satu hari bawang putih 20 ton kita guyur ke pasar. Cabai rawit merah kami ambil jauh-jauh dari Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, dan Kalimantan Selatan," ujarnya.

Mau Beli Bawang Putih dan Cabai Murah? Di 21 Pasar Ini Ada LhoMau Beli Bawang Putih dan Cabai Murah? Di 21 Pasar Ini Ada Lho Foto: Anisa Indraini

Beragam komoditas pangan dijual murah di TTI Pasar Minggu, antara lain bawang putih Rp 30.000/kg dan cabai Rp 35.000/kg.

Selain di Pasar Minggu, gelaran pasar murah juga diadakan di 21 pasar kawasan DKI Jakarta lainnya. Acara pasar murah diselenggarakan selama satu bulan ke depan terhitung sejak tanggal 3 Februari 2020.

Berikut daftar 22 pasar yang menggelar operasi pasar cabai dan bawang putih murah:
1. Pasar Kramat Jati
2. Pasar Kebayoran Lama
3. Pasar Tomang Barat
4. Pasar Palmerah
5. Pasar Glodok
6. Pasar Jatinegara
7. Pasar Klender SS
8. Pasar Senen
9. Pasar Tanah Abang
10. Pasar Anyer Bahari
11. Pasar Metro Atom
12. Pasar Pulo Gadung
13. Pasar Johar Baru
14. Pasar Tebet Barat
15. Pasar Koja Baru
16. Pasar Petojo Ilir
17. Pasar Gondangdia
18. Pasar Pondok Labu
19. Pasar Mampang Prapatan
20. Pasar Kelapa Gading
21. Pasar Cijantung

22. Pasar Minggu



Simak Video "Anies Resmikan Operasi Pasar, Jaga Harga Bawang Putih-Cabai Stabil"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)