Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 09 Feb 2020 11:30 WIB

Benarkah Harga Bawang Putih Melonjak Gara-gara Corona?

Anisa Indraini - detikFinance
Operasi Pasar Bawang Putih Murah Foto: Anisa Indraini
Jakarta -

Harga bawang putih belakangan melonjak signifikan dari rata-rata Rp 20.000/kilogram (kg), kini harganya bisa mencapai Rp 68.000/kg.

Mengutip data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), Minggu (9/2/2020), harga bawang putih di Provinsi DKI Jakarta sudah mencapai Rp 68.350/kg, di Kalimantan Timur mencapai Rp 59.000/kg, dan di Yogyakarta mencapai Rp 58.750/kg.

Mengingat Indonesia impor sebagian besar bawang putih dari China, benarkah virus Corona jadi pemicu kenaikan harga komoditas pangan yang satu ini?

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi mengatakan lonjakan harga bawang putih terjadi karena masalah distribusi. Ia tidak menampik jika adanya virus Corona mengganggu proses ekspor-impor pangan.

"Produk kita terhambat dari China pasti. Saya katakan tidak hanya impor, ekspor juga terhambat. Tapi ini mudah-mudahan segera cepat selesai," kata Agung di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (9/2/2020).

Meski begitu, Agung memastikan pasokan bawang putih masih tersedia sampai Maret 2020. Hingga saat ini masih ada pasokan 133.000 ton bawang putih sisa impor tahun 2019.

"Impor sudah masuk, sekarang ada di importir semua. Totalnya 133.000 (ton), masih cukup sampai akhir Maret. Kalau tahun 2020 lagi sedang dihitung Kemendag (Kementerian Perdagangan)," tuturnya.

Selain sisa impor, Direktur Utama Food Station Arief Prasetyo Adi mengatakan, akan ada panen bawang putih dari 170 Hektare (Ha) lahan yang perkiraannya 1 Ha akan menghasilkan 6 ton bawang putih. Panen bawang putih tersebut menurut perhitungannya jatuh di bulan Maret mendatang.

"Jadi kita punya food station nanam 170 Ha, kita nanam ada di Tegal, Guci, Wonosobo, dan Temanggung kita semua tanam. 1 Ha kurang lebih (menghasilkan) 6 ton (bawang putih). Perkiraan itu kita akan panen Maret lah," sebutnya.



Simak Video " Imbas Virus Corona, Harga Bawang Putih Melonjak"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com