Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 10 Feb 2020 13:34 WIB

Sederet Orang Tajir Dunia Bakal Hadiri Forum Ekonomi di RI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandajaitan saat menjalani wawancara dengan detikcom di acara Blak-blakan, Kamis (19/7). Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Gelaran World Economic Forum (WEF) 2020 regional Asia Pasifik bakal diselenggarakan di Indonesia bulan Juli mendatang. Beberapa tokoh pengusaha ternama disebut akan diundang.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan punya daftar pengusaha ternama yang akan diundang ke WEF 2020.

"Yang kita tawarkan misalnya tokoh-tokoh seperti Andrew Forest, Jack Ma, Masayoshi Son yang kayak itu kita punya list. Kita akan undang mereka untuk hadir," ungkap Luhut di kantornya, Senin (10/2/2020).

Andrew Forest sendiri merupakan pengusaha yang memiliki kerajaan bisnis di bidang tambang dan energi. Total kekayaannya mencapai US$ 9 miliar atau sekitar Rp 122,4 triliun (kurs Rp 13.600).

Konglomerat asal Australia ini sebelumnya tertarik berinvestasi di Indonesia. Perusahaannya akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kalimantan, Forrest disebut berencana membangun PLTA hingga 10.000 MW.

Sementara Jack Ma sendiri merupakan mantan bos serta pendiri raksasa e-commerce China, Alibaba. Dia telah melepas jabatan bos Alibaba sejak September tahun lalu.

Meski sudah pensiun, Jack Ma yang kini telah berusia 55 tahun, telah dua tahun berturut-turut mempertahankan posisi teratas sebagai orang paling kaya di China dengan US$ 39 miliar alias Rp 546 triliun.

Lalu, Masayoshi Son sendiri merupakan CEO Softbank. Pria ini memiliki harta US$ 25,1 miliar atau sekitar Rp 351 triliun. Dengan jumlah harta ratusan triliun rupiah, Masayoshi tercatat jadi orang terkaya kedua di Jepang dan ke-43 di dunia versi Forbes.

Dengan Softbank, Masayoshi pun sudah dikaitkan dengan beberapa proyek investasi di Indonesia, mulai dari kendaraan listrik hingga ibu kota baru. Dia juga ditunjuk masuk menjadi dewan pengarah pemindahan ibu kota baru.



Simak Video "RI Resmi Jadi Tuan Rumah Indo-Pasific World Economic Forum 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com