Canda Luhut saat Ditanya Corona Masuk Batam: Mobil?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 10 Feb 2020 14:52 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sudah enggan bicara banyak soal dampak virus corona. Saat ditanya wartawan, Luhut hanya mengatakan virus corona sudah pergi dari Indonesia.

"Corona? Corona kan sudah pergi," pungkas Luhut di kantornya, Jakarta Pusat, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Luhut sempat ditanya soal adanya suspect alias dugaan corona yang menjangkit warga di Batam. Namun Luhut malah menjawabnya dengan candaan, dia menyebut corona sebagai mobil.

"(Corona masuk Batam?) Hah? Mobil Corona?" kata Luhut sambil tersenyum.

Memang corona sendiri bukan cuma nama virus. Pabrikan kendaraan bermotor Toyota memang pernah mengeluarkan mobil dengan nama Corona pada medio 1950-an.

Di Indonesia, mobil Corona sendiri masuk dan dirakit perusahaan lokal pada generasi keempat atau sekitar tahun 1970-an.

Sejak diluncurkan pada tahun 1957 hingga 1986, mobil ini terbilang moncer sebab mampu menjual hingga 5 juta unit mobil secara global. Generasi terakhir mobil Corona yang dijual di Indonesia adalah Corona Absolute, dan sejak tahun 1998 produksi Toyota di Indonesia digantikan oleh Camry.

Kembali ke Luhut, dia juga mengatakan soal imbas corona terhadap pariwisata. Menurutnya memang pariwisata akan menurun, namun pemerintah lewat Kemenparekraf sudah menyiapkan paket wisata domestik, sehingga bisa mengurangi kerugian karena berkurangnya wisatawan asing.

"Berjalannya waktu kita juga bikin dari Kemenpar membuat paket-paket wisata untuk domestik sekarang ini. Mengurangi dampak kerugiannya," ungkap Luhut.



Simak Video "Luhut: Laju Penyebaran Covid-19 Menurun 7 Hari Terakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)