Hati-hati Penipuan Berkedok WO, Jangan Sampai Terjebak!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 11 Feb 2020 10:47 WIB
Outdoor wedding ceremony venue with arch and decoration
Foto: iStock/Ilustrasi Pernikahan
Jakarta -

Penipuan yang dilakukan oleh wedding organizer Pandamanda menelan ratusan korban. Para korban kehilangan uang puluhan juta akibat salah kelola pihak WO.

Dalam promosinya, WO Pandamanda ini menawarkan paket-paket pernikahan dengan harga yang murah dan bonus-bonus lain seperti cashback hingga potongan harga.

Menanggapi hal tersebut Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group (AAG) Andy Nugroho mengungkapkan agar tidak tertipu oleh WO gadungan sebaiknya calon pengantin juga mencari tahu harga pasaran paket pernikahan di beberapa WO.

"Sebenarnya cari perbandingan agar kita tahu berapa harga yang normal untuk mengadakan acara seperti yang kita inginkan," kata Andy saat dihubungi detikcom, Selasa (11/2/2020).

Dia mengungkapkan, jika ada WO yang menawarkan harga yang jauh di bawah pasaran. Calon pengantin harus waspada dan harus menggali informasi yang lebih dalam.

"Misalnya bisa tanya event wedding apa saja yang sudah mereka kerjakan, di mana dan kapan waktunya," ujar dia.

Menurut Andy, WO yang memiliki itikad baik biasanya selalu mengajak pelanggan ke acara pernikahan yang mereka garap. Biasanya untuk melihat bentuk acara dan tes makanan.

Andy menambahkan, dalam pernikahan biaya paling besar adalah untuk makanan dan gedung. Untuk seragam bisa dilakukan jauh hari hari.

"Undangan termasuk hal yang dapat dicicil dari jauh hari segera setelah tanggal dan lokasi acara sudah fixed. Demikian pula untuk mas kawin serta seserahan, bisa kita lengkapi sedikit demi sedikit dari jauh hari," jelas dia.



Simak Video "Tips Merdeka Finansial dengan Gaya Hidup Minimalis"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)