Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Feb 2020 06:27 WIB

EFIN Pajak Bakal Diganti OTP

Hendra Kusuma - detikFinance
Hari Terakhir Lapor SPT EFIN Pajak Bakal Diganti OTP. Foto: Hendra Kusuma/detikcom
Jakarta -

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan akan mengubah pelaporan surat pemberitahuan (SPT) tahunan hanya dengan one time password (OTP) dari yang saat ini pakai Electronic Filing Identification Number (EFIN).

EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan DJP kepada wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik atau e-Filing pajak. Biasanya, EFIN digunakan oleh wajib pajak (WP) sebelum melaporkan SPT tahunan.

Sedangkan OTP adalah kata sandi sekali pakai yang terdiri dari enam digit karakter dan bersifat rahasia atau hanya diketahui oleh pengguna. Biasanya, OTP akan diberikan melalui SMS atau email.

Direktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Ditjen Pajak Iwan Djuniardi mengatakan pengalihan teknologi tersebut diharapkan selesai tahun ini.

"EFIN menjajaki dengan OTP, semoga keburu (tahun ini)," kata Iwan di gedung DJP pusat, Jakarta, Selasa (11/2/2020).


Iwan mengungkapkan pengubahan EFIN ke OTP dalam rangka memudahkan WP dalam melaporkan pajaknya. Pada musim pelaporan SPT biasanya WP harus menunggu EFIN diterbitkan oleh DJP sebagai syarat pelaporan SPT tahunan.

Dalam rangka menerapkan OTP, Iwan mengungkapkan bahwa seluruh WP pun harus mengirimkan saat pribadi yang valid kepada otoritas nasional.

"Supaya teman-teman wajib pajak lebih mudah, karena enggak ribet, dari sisi pajak juga tidak perlu membuka email dan sebagainya," ungkapnya.

EFIN Pajak Bakal Diganti OTP


Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com