Simak Nih, Tips Beli Tiket Kereta Mudik Lebaran

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 12 Feb 2020 12:14 WIB
Peningkatan jumlah penumpang mudik kereta api jelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2018 mulai terlihat di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (11/6/2018).
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Tiket kereta untuk mudik Lebaran tahun ini mulai dijual Jumat dini hari. Hati-hati saat pesan tiket, jangan sampai salah.

Untuk itu, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro memberi tips supaya calon penumpang bisa mendapatkan tiket sesuai hari dan jam keberangkatan yang diinginkan.

Menurut Edi, para calon penumpang harus lebih teliti dalam menginput tanggal, rute, serta data diri saat melakukan pemesanan. Ada baiknya, kata Edi, calon penumpang bisa merencanakan perjalanan sebaik mungkin sebelum memesan tiket.

"Termasuk estimasi perjalanan ke stasiun, jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa berangkat mudik Lebaran," sebut Edi.

Setelah menyiapkan rencana perjalanan, calon penumpang tinggal perhatikan bagian teknis. Pastikan koneksi internet stabil karena tiket kereta ini hanya bisa dibeli secara online di channel resmi KAI atau yang bekerja sama langsung dengan BUMN transportasi tersebut.

"Pastikan pemesanan tiket Lebaran melalui channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan, gangguan sistem, atau adanya biaya jasa yang tidak wajar. Lalu, saat akan memesan tiket Lebaran, pastikan koneksi internet stabil, siapkan juga rute atau tanggal alternatif perjalanan, serta cek ketersediaan tiket secara berkala," jelas Edi.


Edi mengaku pihaknya sudah mengoptimalkan sistem penjualan tiket serta menambah kapasitas server dan bandwidth sebanyak dua kali lipat dari hari biasa, antisipasi meningkatnya jumlah pengunjung channel penjualan tiket.

Hal ini juga bertujuan agar proses pemesanan tiket di seluruh channel dapat berjalan dengan lancar.

Simak Nih, Tips Beli Tiket Kereta Mudik Lebaran



Simak Video "Geger Virus Corona, Tiket Mudik Lebaran Tetap Laku?"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)