Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Feb 2020 15:13 WIB

Erick Thohir Sindir Telkom Anak Usahanya Lebih Untung

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Erick Thohir Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, era disrupsi merupakan sesuatu yang tak bisa terhindarkan. Maka itu, Erick ingin BUMN menyesuaikan perubahan tersebut.

Erick pun menyinggung PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) atau Telkom yang mendapat keuntungan dari anak usahanya Telkomsel.

"Telkom ke depan, ada dari Telkom? Saya juga enak jadi Telkom, Telkomsel dividen, revenue Telkomsel digabung ke Telkom hampir 70%. Mendingan nggak ada Telkom. Langsung aja Telkomsel dimiliki oleh Kementerian BUMN dividennya jelas," kata Erick di Menara Mandiri Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Erick pun kemudian memaparkan rencana Telkom ke depan. Ia ingin agar Telkom menjadi sebuah perusahaan yang menghimpun data.

"Karena itu, ke depan kita mau yang namanya Telkom berubah ke arah salah satunya ada hubungan poin 3 data base, big data, cloud, masa cloud dipegang Alicloude, dengan data base begitu besar yang dibilang new oil masa diambil negara lain," jelasnya.

Selain itu, Erick juga meminta agar PT PLN siap terhadap perubahan khususnya terhadap energi yang ramah lingkungan. Sejalan dengan itu, ia ingin PLN tak lagi membangun pembangkit namun hanya berjualan listrik.

"Kalau PLN nggak siap perubahan itu akan berat, apalagi tuntutan jaman, green energy harus terjadi. Maka itu saya nggak mau PLN tidak fokus bisnis inti, yaitu distribusi, nggak usah bikin power-powernya, biarkan semua ekosistem berjalan," tutupnya.

Erick Thohir Sindir Telkom Anak Usahanya Lebih Untung


Simak Video "Bergantung Pada Anak Perusahaan, Erick Thohir Sentil Telkom"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com