Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Feb 2020 17:30 WIB

Edhy Prabowo Rilis Aturan Baru Penggunaan Cantrang Bulan Ini

Anisa Indraini - detikFinance
Menteri Kelautan dan Perikanan Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo akan mengeluarkan keputusan soal penggunaan cantrang bagi nelayan bulan ini. Hal itu disampaikannya saat melakukan rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI.

Edhy mengatakan, sudah menemukan solusi terkait penggunaan cantrang bagi nelayan.

"Kami sekarang sedang memantapkan dari sisi peraturan-peraturan 10 tahun sebelumnya yang menjadi kendala tentang perkapalan. Terkait cantrang kita sudah temukan solusinya saya berharap Februari ini selesai dan nanti diputuskan," kata Edhy di Komisi IX DPR RI, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Edhy menjelaskan, saat ini pembahasan tersebut masih dalam tahap finalisasi. Pihaknya terus berkoordinasi antara Kementerian dengan para pelaku usaha sektor pertanian dan perikanan.

"Kita sedang dalam pembahasan. Kami minta masukan dari seluruh pelaku usaha insyaallah ini sudah menuju finalisasi," ujarnya.

Untuk sampai pada keputusan itu tidaklah mudah. Edhy bilang, saat dalam pembahasan masing-masing nelayan nyaris berkelahi untuk mempertahankan keinginannya.

"Awalnya nggak mudah karena mereka (nelayan) berantem depan saya satu-satu nyaris berkelahi. Tapi alhamdulillah karena saya sudah terbiasa berkelahi di DPR jadi saya bisa mengatasi itu," ucapnya.

Namun, dari berbagai saran yang didapat, ia harus menentukan satu kebijakan. Edhy berharap, keputusannya nanti bisa diterima oleh semua pihak.

"Mudah-mudahan semua stakeholders di bidang ini bisa menerima," ujarnya.



Simak Video "KKP Ajak Universitas Wollongong Kembangkan Kelautan dan Perikanan"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com