62.000 Ton Bawang Putih China Mau Masuk RI

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 14 Feb 2020 05:52 WIB
Sempat merangkak naik, harga bawang putih di pasar tradisional Kota Bandung, Jawa Barat berangsur menurun. Di Pasar Kosambi, harga bawang putih saat ini Rp 52-56 ribu. Harga itu, turun dibandingkan sepekan lalu yang tembus ke angka Rp 70 ribu.
62.000 Ton Bawang Putih China Mau Masuk RI. Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menerbitkan Surat Perizinan Impor (SPI) bawang putih dengan volume 62.000 ton. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendag, Oke Nurwan mengatakan, 62.000 ton bawang putih itu akan segera masuk ke Indonesia.

"Kan ada persyaratan yang harus dipenuhi. Jadi sekarang yang dinyatakan sudah lengkap kurang lebih 62.000 ton. Segera, pasti ke luar. Sudah beres, sudah lengkap," kata Oke usai menghadiri konferensi pers Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Oke mengatakan, Kementerian Pertanian (Kementan) memang mengirimkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) bawang putih untuk 103.000 ton kepada Kemendag. Namun, saat ini baru 62.000 ton yang memenuhi persyaratan impor Kemendag.

"103.000 sudah terbit (RIPH dari Kementan), kan yang baru masuk, itu sudah kita proses, kalau lengkap. Jadi tergantung mereka," ungkapnya.

Oke menegaskan, bawang putih ini aman diimpor dari China. Pasalnya, bawang putih bukan media pembawa virus corona.

"Scientific eveidence-nya baik dari World Health Organization (WHO) yang jadi carrier adalah binatang hidup. Akhirnya diputuskan ada pemberhentian sementara, atau larangan sementara impor binatang hidup, tidak termasuk produk ikan. Karena perikanan bukan carrier corona virus. Begitu juga dengan bawang putih, bukan carrier virus," paparnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video " Imbas Virus Corona, Harga Bawang Putih Melonjak"
[Gambas:Video 20detik]