Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 14 Feb 2020 16:22 WIB

Catat Nih, Tips Beli Tiket Kereta Mudik Biar Nggak Kehabisan

Soraya Novika - detikFinance
Daop 3 Cirebon tambah 3.820 kursi kereta saat arus mudik lebaran Foto: Sudirman Wamad
Jakarta -

Tiket kereta mudik Lebaran 1441 Hijriah nanti sudah bisa dipesan masyarakat mulai dini hari tadi 14 Februari 2020 pukul 00.00 WIB. Sejak dibuka dini hari tadi, jumlah pesanan tiket kereta sampai pukul 09.00 WIB saja sudah mencapai 2.055 tiket.

Artinya, antusiasme masyarakat untuk mudik tahun ini terbilang cukup besar. Bagi yang belum pesan harus paham betul proses pemesanan tiket kereta mudiknya jika tak ingin kehabisan

Apalagi, pesanan tiket kereta kali ini terbilang cukup rumit, lantaran tak bisa langsung memesan tiket pulang-pergi sekaligus.

"Tidak bisa pesan tiket pulang-pergi, karena sudah aturannya begitu, bisa pesan tiket dari jauh hari, tapi untuk keberangkatan H-90 dari pemesanan, artinya kalau pesan tanggal 14 Februari maka hanya bisa pesan tiket mudik tanggal 14 Mei, begitu seterusnya," kata Kepala Humas KAI Daop I Eva Chairunisa kepada detikcom, Jumat (14/2/2020).

Lalu, apa saja hal lain yang perlu diperhatikan masyarakat agar tak kehabisan tiket kereta mudik lebaran nanti terutama untuk arus baliknya?

Menurut Eva, hal pertama yang paling penting untuk diperhatikan agar tidak kehabisan tiket kereta mudik adalah membuat perencanaan mudik sematang mungkin.

"Sebelum melakukan pemesanan lakukan perencanaan perjalanan dengan baik untuk menghindari batal perjalanan dan lainnya," terangnya.

Selanjutnya, mengecek kestabilan koneksi internet pun dianggap penting terutama saat melakukan transaksi agar lancar tanpa gangguan. Pastikan Anda memiliki sinyal internet, kuota, atau manfaatkan Wi-Fi untuk koneksi yang lebih terjamin.

"Kemudian pastikan juga pada saat pemesanan koneksi internet Anda stabil," sambungnya.

Selain itu, Eva menyarankan masyarakat untuk melakukan pemesanan tiket langsung ke situs resmi PT KAI atau aplikasi KAI Access dan memilih channel resmi lainnya seperti agen travel online terpercaya yang sudah bekerjasama dengan PT KAI.

"Untuk pemesanan sendiri kami sangat menyarankan masyarakat agar memesan tiket melalui channel resmi KAI atau agen perjalanan yang sudah bekerjasama dengan KAI," imbuhnya.

Terakhir, Eva meminta masyarakat dapat lebih teliti lagi ketika hendak menyelesaikan pemesanan agar tidak salah pilih jadwal dan berakhir rugi.

"Pada saat melakukan pemesanan mohon pastikan tanggal, jam dan lokasi stasiun pemberangkatan," pungkasnya.



Simak Video "KAI Perpanjang Masa Pengembalian Pembatalan Tiket Hingga 4 Juni"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com