Siapa Saja Menteri Ekonomi Terbaik Jokowi?

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 17 Feb 2020 10:55 WIB
Jokowi bersama kabinet indonesia maju, menteri jokowi, menteri jokowi dan pasangan
Foto: (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta -

Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi salah satu menteri yang kinerjanya dianggap paling bagus dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf. Erick Thohir masuk dalam tiga besar kategori 'menteri yang kinerjanya bagus' berdasarkan hasil survei Indo Barometer.

Erick Thohir berada di posisi ketiga sebagai menteri yang kinerjanya bagus dengan persentase 12,6%. Terdapat beberapa alasan publik menyebut kinerja Erick bagus, yakni kerja nyata (26,5%), orangnya tegas (10,5%), sudah berpengalaman (5,4%), cocok sesuai dengan keahliannya (12,5%), dan orangnya berani (42,5%).

"Ada banyak alasan masyarakat menilai kenapa kinerja menteri bagus, ada yang menganggap Erick bagus karena hasil kerjanya sudah kelihatan, ada yang menganggap orangnya tegas, berani, dan seterusnya. Ini bukan kementerian ya, saya surveinya nama menteri," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari kepada detikcom, Senin (17/2/2020).

Seperti diketahui, sejumlah gebrakan dan kebijakan telah dilakukan Erick Thohir dalam 100 hari kerja pemerintahan Jokowi. Salah satu gebrakannya yang mencolok ialah membongkar penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda mewah Brompton melalui pesawat baru PT Garuda Indonesia (Persero). Penyelundupan ini terjadi pada November 2019 lalu.

"Keberanian Erick itu ditunjukkannya dengan gebrakannya menghapus alur birokrasi di kementerian, merotasi sejumlah pejabat dan petinggi BUMN. Erick juga berani mengungkap sejumlah skandal yang sudah lama terjadi di BUMN," kata M Qodari.

Selain Erick, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga menjadi menteri dengan tingkat 'popularitas' tertinggi. Prabowo menduduki peringkat pertama dengan persentase 26,8%, diikuti oleh Sri Mulyani dengan persentase 13,9% untuk kategori yang sama.

Di bidang ekonomi, selain nama Erick Thohir dan Sri Mulyani ada nama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Luhut Binsar Pandjaitan.

Jika digabungkan, kinerja seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju memiliki catatan tingkat kepuasan di angka 54,4%. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan kinerja 100 hari seluruh menteri kabinet Jokowi-Jusuf Kalla lalu yang sebesar 46,8%.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden pada 9-15 Januari 2020. Adapun teknik pengumpulan data berupa wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error sebesar 2,83%.

Berikut sepuluh menteri yang kinerjanya paling bagus versi survei Indo Barometer:

  • Prabowo Subianto (26,8%)
  • Sri Mulyani Indrawati (13,9%)
  • Erick Thohir (12,6%)
  • Mahfud MD (7,3%)
  • Nadiem Anwar Makarim (5,2%)
  • Basuki Hadimuljono (1,8%)
  • Syahrul Yasin Limpo (1,4%)
  • Tito Karnavian (1,4%)
  • Muhadjir Effendy (0,9%)
  • Luhut B Pandjaitan (0,9%)


Simak Video "Erick Thohir Beberkan Biang Kerok Tagihan Listrik Membengkak"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)