Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Feb 2020 13:29 WIB

Ini Cara Punya Kartu Pra Kerja Biar Bisa Kantongi Rp 500 Ribu

Danang Sugianto - detikFinance
Moeldoko Kepala Staf Presiden Moeldoko/Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

April 2020 menjadi target pelaksanaan program Kartu Pra Kerja. Pemerintah menyiapkan anggaran Rp 10 triliun untuk program ini dan ditargetkan ada 2 juta orang penerima manfaat di tahun ini.

Program ini awalnya dianggap sebagai program pemberian gaji untuk para penganggur. Namun pemerintah meluruskan bahwa Kartu Pra Kerja merupakan program pencari kerja atau pekerja untuk mendapatkan layanan pelatihan vokasi (skilling dan re-skilling).

Meskipun dalam pelaksanaannya penerimaan manfaat akan mendapatkan uang Rp 500 ribu melalui digital yang hanya diberikan 1 kali. Pemerintah menekankan bahwa uang itu bukan gaji, melainkan modal atau ongkos bagi para peserta yang setelah lulus pelatihan untuk mencari pekerjaan.

Kepala Staf Presiden Moeldoko pun menjelaskan tata cara pelaksanaan Kartu Pra Kerja untuk calon penerima. Pertama penerima manfaat Kartu Pra Kerja adalah mereka yang sudah lulus SMA/SMK, atau lulus perguruan tinggi. Selain itu, penerima manfaat Kartu Pra Kerja tidak sedang menjalani pendidikan formal.

Lalu, korban pemutusan hubungan kerja (PHK), maupun yang ingin meningkatkan skill atau keterampilan sesuai kebutuhan industri juga dapat memperoleh Kartu Pra Kerja.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com