Bisnis di Startup, Ashraf Sinclair Sempat Berguru ke Mbah Google

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 18 Feb 2020 15:45 WIB
Ashraf Sinclair
Foto: Gus Mun/detikHOT
Jakarta -

Dunia hiburan Tanah Air dikejutkan dengan meninggalnya Ashraf Sinclair, Selasa (18/2/2020) dini hari. Suami dari Bunga Citra Lestari (BCL) itu meninggal dalam usia 40 tahun.

Selain piawai dalam memainkan sejumlah peran di beberapa film, bapak satu anak ini pintar berbisnis. Pundi-pundi uang yang dihasilkan diputarnya menjadi beragam bisnis mulai dari usaha restoran, pusat kebugaran, dan bisnis di sektor digital.

Sebelumnya, aktor asal Malaysia ini mengaku tak mengenal dekat industri digital. Namun ia tidak ragu masuk di dalamnya dengan berguru ke Mbah Google untuk membantunya.

Kini selain sebagai Aktor, Ashraf menjelma sebagai investor untuk startup di Asia Tenggara.

"Dunia digital baru buat saya. Untuk mengetahui istilah-istilah teknologi, saya sampai Googling biar lebih paham," kata Ashraf di Jakarta, seperti ditulis Selasa (18/2/2020).

Ashraf memilih bisnis di startup lantaran dirinya ingin memberi kesempatan kepada orang-orang untuk mengembangkan ide dan kemampuannya. Sementara kenapa pilih Indonesia, karena dirinya hidup di sini. Jadi ia ingin berkontribusi pada tempat di mana ia tinggal.

"Semua orang yang lagi di Indonesia adalah orang Indonesia. Apapun Anda, kita harus berkontribusi untuk membantu para startup pemula di sini untuk tumbuh dan menciptakan generasi kreatif Indonesia berikutnya," sebutnya.

Wujud kontribusinya diperlihatkan dengan berinvestasi ke startup di Tanah Air. Awalnya ia mengucurkan dananya langsung ke startup. Kini ia bergabung dengan 500 Startups.

"Lewat 500 Startups, saya bisa mencakup lebih luas lagi," kata Ashraf.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ashraf dan 500 Startups mengucurkan pendanaan 500 Durians Fund II. Mereka menyiapkan dana US$ 50 juta atau Rp 666 miliar (kurs Rp 13.300).

Dari dana tersebut dapat membantu 250 startup, 100 startup di antaranya diperuntukan untuk usaha rintisan asal Indonesia.

"Saya ingin kreativitas pengusaha Indonesia bisa berdampak bagi masyarakat," pungkas Ashraf.



Simak Video "Ucapan Haru BCL di Ulang Tahun Ashraf Sinclair"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)