Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Feb 2020 17:49 WIB

Mengintip San Diego Hills, Tempat Peristirahatan Terakhir Ashraf

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Suasana pemakaman San Diego Hills Kerawang, Jawa Barat, Kamis (3/5). San Diego Hills kini memang sudah menjadi lokasi favorit bagi kalangan atas seperti pejabat, artis, atau pengusaha sebagai tempat peristirahatan terakhir dengan luas 500 hektar dan harga permanen Rp. 40 juta sampai 1 miliar. Jhoni Hutapea/detikcom Foto: Jhoni Hutapea/detikcom
Jakarta -

Suami artis Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair meninggal dunia pagi tadi karena serangan jantung. Ashraf dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Selasa (18/2/2020).

Sebagai pemakaman, San Diego Hills berbeda dengan pemakaman yang lain. Seperti dikutip dari sandiegohills.co.id, San Diego Hills Memorial Parks and Funeral merupakan pemakaman yang dilengkapi sejumlah fasilitas dan layanan tak biasa.

Adapun fasilitasnya, antara lain, taman pemakaman, danau seluas 8 ha, kapel, musola, restoran, jogging track, kolam renang, florist & gift shop, hingga gedung serba guna berkapasitas 250 orang.

Kompleks pemakaman ini dikembangkan PT Lippo Karawaci Tbk. Pemakaman tersebut berada di area 500 ha mengadaptasi Forest Lawn Memorial Parks and Mortuaries di California, Amerika Serikat.

Sementara, dalam catatan detikcom, saat pemakaman dibuka pada 2007 harga satu kaveling di San Diego Hills (single) berukuran 1,1 meter x 2,6 meter dibanderol Rp 3 juta. Namun, harganya terus mengalami kenaikan.

"Waktu pertama kali launching single itu Rp 3 juta. Sekarang minimum Rp 14 juta, launching pertama itu 2007," kata Sales & Marketing Director San Diego Hills Suziany Japardy dalam catatan detikcom, 17 April 2015.

Harga kuburan di pemakaman mewah ini bervariasi, tergantung tempat lokasi, kluster, dan paket. Suzi pun menjelaskan, contohnya untuk paket keluarga sebanyak 8 unit kaveling, per kaveling dibanderol Rp 16 juta.

Selain itu, lanjut Suzi, San Diego Hills pun menawarkan produk kuburan private. Lahan Private, maka konsumen yang membeli mendapatkan tempat khusus, tidak bercampur dengan makam-makam orang lainnya. Kebanyakan konsumen yang memesan lahan private, adalah keluarga yang membutuhkan privasi.

"Bedanya dia ada pemisah, mulai dari Rp 95 juta sampai Rp 170 juta. Bedanya ada pemisah antara berdua dengan yang lain. Kalau dua harga itu bedanya tergantung mansionnya," katanya.

Sekali membayar, Susi mengatakan, konsumen tak perlu membayar apa-apa lagi. Harga tersebut sudah termasuk perawatan dan keamanan selama 24 jam.

"Perawatan dan keamanan 24 jam. Untuk yang membeli gazebo dan segala macam kita nggak meng-cover, karena itu nanti pasti akan rusak. Kita sebut yang selamanya adalah untuk rumput dan keamanan 24 jam," tambahnya.

Harga yang dikenakan oleh pihak San Diego Hills tersebut belum termasuk dengan harga gali kubur dan upacara pemakaman. Suzi mengatakan, konsumen wajib menggunakan fasilitas gali kubur yang disediakan oleh pihak pengelola.

Untuk ukuran standar yaitu penggalian dan disediakan tenda untuk 50 orang lengkap dengan kursi, juga bunga tabur, pihak pengelola mematok harga Rp 8,8 juta.

"Tapi kalau klien bilang saya mau deluxe itu harganya lain. Deluxe itu tendanya dihias untuk 100 orang, deluxe itu Rp 13,5 juta. Ada juga VIP terbuka dan tertutup. Kalau terbuka itu 65 untuk 200 orang, sama semua, itu tapi bunganya lain, dekornya lain. Itu minimum harus standard," paparnya.

Mengintip San Diego Hills, Tempat Peristirahatan Terakhir Ashraf


Simak Video "BCL Kembali Semangat Usai Diberi Motivasi oleh Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com