Jadi Tempat Pemakaman Ashraf, Segini Biaya Kaveling San Diego Hills

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 19 Feb 2020 14:10 WIB
Suasana pemakaman San Diego Hills Kerawang, Jawa Barat, Kamis (3/5). San Diego Hills kini memang sudah menjadi lokasi favorit bagi kalangan atas seperti pejabat, artis, atau pengusaha sebagai tempat peristirahatan terakhir dengan luas 500 hektar dan harga permanen Rp. 40 juta sampai 1 miliar. Jhoni Hutapea/detikcom
Foto: Jhoni Hutapea/detikcom
Jakarta -

San Diego Hills dikenal publik sebagai pemakaman mewah. Dikutip dari sandiegohills.co.id, San Diego Hills memiliki fasilitas seperti taman pemakaman, danau seluas 8 ha, Kapel, Musala, restoran, jogging track, kolam renang, florist & gift shop, hingga gedung serba guna berkapasitas 250 orang.

Berapa harga yang harus dikeluarkan untuk dimakamkan di makam mewah ini?

Marketing San Diego Hills Iwan Setiawan mengatakan, harga tergantung tipe yang dipesan. Ada beberapa tipe yang ditawarkan di pemakaman San Diego Hills mulai dari single, semi private, hingga private.

Pertama, untuk tipe single, harganya mencapai Rp 63,5 juta sampai Rp 101 juta/kaveling. Harga tergantung tempat lokasi pemakaman. Semakin pemandangannya bagus dan kontur tanahnya datar, maka harga semakin tinggi.

"Single harga satuan berarti. Ada yang Rp 63,5 juta, ada yang Rp 101 juta. Itu beda-beda tergantung lokasinya. Kalau di lokasi yang tinggi kemudian kontur tanahnya memang dibuat datar itu Rp 101 juta," kata Iwan kepada detikcom, Rabu (19/2/2020).

Kedua, tipe semi private. Tipe ini dikhususkan untuk 2 makam. Setiap lahan untuk 2 makam diberikan pembatas setiap sudut berupa tanaman pucuk merah setinggi 45 cm. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 275 juta hingga Rp 500 juta.

"Tipe semi private ada pembatasnya sebelah kiri dan kanan, bagian atas kepala, dengan tanaman pucuk merah setinggi 45 cm. Kemudian depannya ada jalan dari batu templek kurang lebih lebarnya 40 cm. Itu sekitar Rp 275 juta - Rp 500 juta," ujarnya.

Ketiga, untuk makam dengan tipe private. Keunggulan tipe ini diberikan pembatas di sekeliling makam berupa tembok dan tanaman. Selain itu, diberikan layanan tambahan berupa kursi untuk para peziarah yang berkunjung.

"Keunggulannya private itu pembatasnya sekeliling dari tembok dan tanaman. Jadi di luarnya tembok sekeliling 45 cm, di dalamnya ada pembatas lagi tanaman sekelilingnya juga. Kemudian ada tempat duduk untuk yang ziarah," ucapnya.

Berikut daftar biaya kaveling di San Diego Hills. Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2