Selain Ashraf, Ini Para Tokoh yang Dimakamkan di San Diego Hills

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 19 Feb 2020 17:05 WIB
Suasana pemakaman San Diego Hills Kerawang, Jawa Barat, Kamis (3/5). San Diego Hills kini memang sudah menjadi lokasi favorit bagi kalangan atas seperti pejabat, artis, atau pengusaha sebagai tempat peristirahatan terakhir dengan luas 500 hektar dan harga permanen Rp. 40 juta sampai 1 miliar. Jhoni Hutapea/detikcom
Selain Ashraf, Ini Para Tokoh yang Dimakamkan di San Diego Hills. Foto: Jhoni Hutapea/detikcom
Jakarta -

Pemakaman San Diego Hills dikenal sebagai makam mewah dengan harga fantastis. Terletak di Telukjambe Barat, Karawang Barat, Jawa Barat, San Diego Hills menjadi tempat peristirahatan terakhir sejumlah pesohor di Indonesia.

Marketing San Diego Hills Iwan Setiawan menyebut mulai dari artis hingga tokoh nasional dimakamkan di sana. Ia menyebutkan baru-baru ini Ashraf Sinclair. Pengusaha hingga mantan menteri juga banyak dimakamkan di sana.

"Banyak ya mulai dari artis, pengusaha, sampai mantan-mantan menteri itu di sini, keluarganya juga banyak di sini. Kemarin ada Ashraf, ada pasangan-pasangan artis beberapa juga," kata Iwan kepada detikcom, Rabu (19/2/2020).

Seperti diketahui bersama, Ashraf Sinclair, Selasa (18/2/2020) kemarin dimakamkan di San Diego Hills. Suami dari penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) ini dimakamkan setelah mengembuskan napas terakhir dalam usia 40 tahun akibat serangan jantung.


Berdasarkan catatan detikcom, berikut beberapa tokoh yang dimakamkan di San Diego Hills. Pertama, Johannes Baptista Sumarlin (JB Sumarlin) juga dimakamkan di San Diego Hills. Menteri Keuangan era Presiden Soeharto ini dimakamkan pada Senin (10/2/2020) lalu. Sumarlin menghembuskan napas terakhirnya di usia 87 tahun setelah dirawat 5 hari di RS Carolus, Jakarta, lantaran sakit stroke.

Kedua, ada juga Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Hari Sabarno. Menteri di era kepresidenan Megawati Soekarnoputri ini dimakamkan di San Diego Hills pada Sabtu (1/6/2019) silam. Dirinya meninggal dalam usia 74 tahun di RS Cibubur, Jakarta.


Selain itu beberapa pengusaha juga dimakamkan di San Diego Hills. Antara lain Michael Ruslim Presiden Direktur Astra International, William Soerjadjaja Pendiri Astra International, dan Pendiri PT Sinar Sosro, Soetjipto Sosrodjojo.

Serta Sudwikatmono juga dimakamkan di sana. Sudwikatmono merupakan sepupu Presiden Soeharto. Ia dikenal sebagai pendiri dan mantan pemilik PT Bank Surya, dan aktif sebagai komisaris di berbagai perusahaan seperti PT Bogasari Flour Mills, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, dan PT Indika Entertainment.

Selain Ashraf, Ini Para Tokoh yang Dimakamkan di San Diego Hills


Simak Video "Curahan Hati BCL Usai Ditinggal Ashraf Sinclair untuk Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)