Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 19 Feb 2020 19:40 WIB

Wamendag Jerry Berhasil Ajak Percepat Perundingan IEU-CEPA

Angga Laraspati - detikFinance
Wamendag Jerry Sambuaga Foto: Dok Kemendag
Jakarta -

Wamendag Jerry Sambuaga menemui Komisioner Perdagangan Uni Eropa di Brussels, Belgia untuk membahas berbagai isu strategis perdagangan, termasuk upaya percepatan perundingan Indonesia-EU CEPA.

Pertemuan ini dirasa penting bagi Indonesia dan Uni Eropa berkaitan dengan ketidakpastian iklim ekonomi akibat politik populis dan pengaruh Brexit.

Dalam pertemuan itu, baik Wamendag Jerry Sambuaga maupun Komisioner Perdagangan Uni Eropa, Phil Hogan menyatakan semangat dan komitmen yang sama untuk merampungkan negosiasi CEPA.

Indonesia mengajukan proposal agar perundingan dapat selesai tahun ini dan dapat membawa dampak positif bagi kalangan usaha maupun konsumen dari kedua belah pihak. Proposal Indonesia tersebut disambut baik oleh Uni Eropa. Kesepahaman ini menandai geliat diplomasi perdagangan Indonesia.

Jerry Sambuaga berpendapat bahwa ini adalah momentum bagus yang harus dimanfaatkan Indonesia untuk menunjukkan kehadirannya di panggung perdagangan dunia.

"Produk-produk baik barang maupun jasa harus didorong agar mendapatkan akses yang lebih besar di pasar internasional. Disetujuinya proposal Indonesia oleh Komisi Perdagangan Indonesia mencerminkan pentingnya peran perdagangan Indonesia. Kesepakatan ini akan menjadi jalan untuk mewujudkan kepentingan Indonesia di dunia perdagangan internasional, khususnya di Uni Eropa," ujar Jerry dalam keterangan tertulis, Rabu (19/2/2020).

Perundingan IEU CEPA sendiri masih menghadapi pembahasan yang dinamis dan intensif. Namun kedua pihak optimis dinamika tersebut bisa diselesaikan dan dikelola dengan baik. Optimisme itu setidaknya tergambar dari pernyataan Dubes RI untuk EU, Belgia dan Luxemburg.

"Dalam sebuah hubungan, sedikit dinamika atau perbedaan itu wajar. Namun demikian kami tetap optimis. Keberhasilan pertemuan kali ini mencerminkan tekad kedua pihak untuk segera menyelesaikan hambatan perdagangan demi kebaikan bersama," tambah Jerry.

Jerry pun mengatakan bahwa Hogan menyampaikan penyelesaian IEU-CEPA sangat mungkin dicapai sebelum akhir tahun. Sinyal positif ini merupakan hasil yang sangat baik bagi lawatan Wamendag Jerry Sambuaga ke Brussels.

"Tentu secara teknis ada beberapa hal yang harus ditindaklanjuti. Tetapi, secara umum kita menyambut baik sikap Uni Eropa. Kita berharap bahwa pertemuan ini dapat menghasilkan hasil yang baik dan resiprokal untuk kedua pihak, termasuk beberapa agenda kita di WTO esok hari," ungkap Jerry.

Jerry Sambuaga yakin dengan dialog yang konstruktif dan produktif, perbedaan pandangan dan kepentingan bisa dijembatani. Optimisme Wamendag ini bersambut dengan tekad Phil Hogan.

Phil Hogan sendiri memang menyatakan sangat senang berdialog dengan Indonesia. Hogan juga mendukung Wamendag agar penyelesaian IE-CEPA tidak terhambat oleh isu-isu perdagangan dan sengketa di WTO. Pihak Uni Eropa berjanji akan menyelesaikan sebaik-baiknya keluhan Indonesia.

Sebaliknya Indonesia diharapkan juga menyelesaikan keluhan-keluhan Uni Eropa terhadap Indonesia, terutama dalam soal produk alkohol dan produk susu. Apa yang dikemukakan oleh Phil Hogan kepada Jerry Sambuaga memperkuat sikap dari Managing Director Europe External Action Service untuk Asia Pasifik, Gunnar Wiegand.

Senada dengan hal tersebut, Deputi Menko Perekonomian, Musdhalifah Machmud mengatakan dirinya sangat gembira dengan hasil pertemuan kali ini.

"Kita selangkah lebih maju dalam mewujudkan janji kami kepada kalangan usaha maupun konsumen di Indonesia. Wamendag Jerry Sambuaga berhasil mengajak Uni Eropa untuk menyelesaikan isu-isu krusial yang dihadapi kedua pihak dengan dialog konstruktif," ujar Musdhalifah.

Sebagai informasi Jerry melakukan pertemuan tersebut didampingi oleh Dubes RI untuk Belgia, Luxemburg dan Uni Eropa, Yuri Thamrin serta Deputi Menko Perekonomian Bidang Pangan dan Pertanian, Musdhalifah Machmud.

Wamendag Jerry Berhasil Percepat Perundingan IEU-CEPA


Simak Video "Penuhi Kebutuhan Masyarakat, Kemendag Impor 550 Ribu Ton Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com