Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Feb 2020 19:30 WIB

Waspada! Dampak Buruk Corona ke Ekonomi RI di Depan Mata

Trio Hamdani - detikFinance
Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan saat wawancara untuk detikcom di acara Blak-blakan, Kamis (19/7). Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan dampak virus corona terhadap ekonomi Indonesia ada di depan mata. Wabah virus tersebut, bila dalam dua bulan ke depan tidak disikapi hati-hati akan mengganggu ekonomi nasional.

"Jadi ini punya dampak besar ke kita. Jadi mungkin dalam 2 bulan ke depan kalau kita tidak hati-hati menata itu akan berpengaruh ke ekonomi dalam negeri kita," katanya di Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Lebih lanjut, mantan Menko Polhukam itu menjelaskan dampak virus corona bisa 4 hingga 5 kali lebih parah ketimbang SARS yang memporak-porandakan China beberapa tahun silam.


"Pengaruh ekonomi China kepada dunia sekarang sudah 18%. Waktu SARS terjadi pada tahun 2003 itu hanya 4%. Jadi lebih 4 kali, hampir 5 kali lebih besar skala ekonomi Tiongkok hari ini dari pada tahun 2003," sebutnya.

Sejumlah sektor industri dalam negeri pun bakal terdampak merebaknya virus corona di China. industri yang banyak memasok bahan baku dari Tiongkok adalah tekstil dan alas kaki.

"Produk tekstil dan alas kaki juga bisa kena karena bahan-bahan banyak juga yang kita impor dari Tiongkok. Itu bisa nanti tidak berproduksi," tambahnya.



Simak Video "Luhut Minta Jokowi Setop Impor Garam 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com