Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 21 Feb 2020 18:38 WIB

Harga Emas Nyaris Cetak Rekor, Saatnya Beli Atau Jual?

Anisa Indraini - detikFinance
Ilustrasi emas batangan Harga Emas Nyaris Cetak Rekor, Saatnya Beli Atau Jual? Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Harga emas beberapa waktu terakhir terus mengalami kenaikan. Hari ini harga emas batangan di PT Aneka Tambang (Antam) naik Rp 5.000 dibandingkan hari sebelumnya. Antam kini menjual emas batangan Rp 793.000/gram.

Sedangkan untuk harga buyback atau penjualan kembali saat ini berada di level Rp 714.000/gram. Ini adalah harga yang dibayarkan oleh Antam jika emas dijual.

Harga emas Antam ini nyaris menembus rekor tertinggi Rp 799.000/gram yang diraihnya pada Rabu 8 Januari 2020 lalu. Bukan tidak mungkin harga rekor ini bisa terlewati dalam beberapa hari ke depan.

Jika harga emas sedang tinggi seperti ini, baiknya dijual atau dibeli ya?

Kepala Riset Koneksi Kapital Indonesia, Alfred Nainggolan mengatakan harga emas yang tinggi lebih baik untuk dijual, bukan untuk dibeli guna keperluan investasi.

"Kita ngeliat bukan untuk investasi. Lebih bagus jual, jadi bukan untuk kepada investasi tetapi lebih kepada trading," kata Alfred kepada detikcom, Jumat (21/2/2020).


Alfred menjelaskan, harga emas saat ini cukup tinggi jika untuk dibeli. Ia memprediksi ada peluang harga emas mengalami koreksi jika virus corona sudah mereda.

"Kalau mau investasi harga sekarang cukup tinggi. Jadi lebih bagus nanti tunggu paska koreksi yang kita yakini akan terjadi ketika virus corona sudah mereda," sebutnya.

Pemicu Harga Naik

Alfred mengatakan kenaikan emas dipengaruhi oleh kekhawatiran pasar terhadap virus corona.

"Kenaikan ini lebih dipengaruhi oleh peningkatan kekhawatiran pasar secara global khususnya berbicara masalah isu global virus corona," kata Alfred kepada detikcom, Jumat (21/2/2020).

"Makanya itu ketika emas menyentuh harga tingginya hati-hati karena kenaikannya bukan karena memang peningkatan kebutuhan akan emas, tapi lebih kepada kekhawatiran pasar saja," sambungnya.


Dengan adanya kenaikan harga emas yang begitu cepat, ia memprediksi akan terjadi penurunan harga emas yang begitu cepat pula.

"Itu yang harus dihati-hatikan oleh pelaku pasar untuk menyikapi harga emas yang relatif sudah cukup tinggi dalam 1-2 hari ini," sebutnya.

Harga Emas Nyaris Cetak Rekor, Saatnya Beli Atau Jual?


Simak Video "Imbas Perang Dagang AS-China, Harga Emas Antam Melambung Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com