Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 22 Feb 2020 09:00 WIB

Terpopuler Sepekan

Jadi Lokasi Pemakaman Ashraf, Segini Biaya Kaveling San Diego Hills

Danang Sugianto - detikFinance
Persiapan pemakaman Ashraf Sinclair di San Diego Hills (Hanif/detikcom) Foto: Persiapan pemakaman Ashraf Sinclair di San Diego Hills (Hanif/detikcom)
Jakarta -

San Diego Hills dikenal publik sebagai pemakaman mewah. Mulai dari tokoh ternama, pengusaha, hingga selebriti telah menggunakan pemakaman ini, seperti almarhum Ashraf Sinclair.

Dikutip dari sandiegohills.co.id, San Diego Hills memiliki fasilitas seperti taman pemakaman, danau seluas 8 ha, Kapel, Musala, restoran, jogging track, kolam renang, florist & gift shop, hingga gedung serba guna berkapasitas 250 orang.

Berapa harga yang harus dikeluarkan untuk dimakamkan di makam mewah ini?

Marketing San Diego Hills Iwan Setiawan mengatakan, harga tergantung tipe yang dipesan. Ada beberapa tipe yang ditawarkan di pemakaman San Diego Hills mulai dari single, semi private, hingga private.

Pertama, untuk tipe single, harganya mencapai Rp 63,5 juta sampai Rp 101 juta/kaveling. Harga tergantung tempat lokasi pemakaman. Semakin pemandangannya bagus dan kontur tanahnya datar, maka harga semakin tinggi.

"Single harga satuan berarti. Ada yang Rp 63,5 juta, ada yang Rp 101 juta. Itu beda-beda tergantung lokasinya. Kalau di lokasi yang tinggi kemudian kontur tanahnya memang dibuat datar itu Rp 101 juta," kata Iwan kepada detikcom, Rabu (19/2/2020).

Kedua, tipe semi private. Tipe ini dikhususkan untuk 2 makam. Setiap lahan untuk 2 makam diberikan pembatas setiap sudut berupa tanaman pucuk merah setinggi 45 cm. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 275 juta hingga Rp 500 juta.

Ketiga, untuk makam dengan tipe private. Keunggulan tipe ini diberikan pembatas di sekeliling makam berupa tembok dan tanaman. Selain itu, diberikan layanan tambahan berupa kursi untuk para peziarah yang berkunjung.

Khusus untuk makam tipe private juga diperbolehkan untuk dibangun bak makam alias makam dibuat dengan tembok atau granit agar makam orang tercinta bisa lebih bagus. Harga yang ditawarkan untuk tipe private dimulai dari Rp 700 juta sampai biaya yang tidak ditentukan, tergantung berapa banyak makam yang dipesan. Biaya tersebut belum termasuk biaya untuk membuat bak makam.

"Tipe private kelebihannya boleh dibangun bak makam untuk aksesoris tambahan supaya lebih manis lagi. Jadi makam yang digali dikasih tambahan lagi dari tembok atau granit atau apa untuk bagus lagi dibuat taman. Tetapi biaya bak makam atas dasar dari keluarga, bukan dari San Diego. Private untuk 2 orang kurang lebih Rp 700 juta, 4 orang sekitar Rp 1,5 miliar, sampai tak terbatas misalnya 10 orang Rp 5 miliar," bebernya.

Biaya di atas hanya termasuk pembelian lahan dan perawatannya. Jika makam tersebut mau digunakan, maka ada biaya yang harus ditanggung berupa kebutuhan gali makam, hingga bunga tabur.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk keluarga beragama islam sebesar Rp 17,6 juta, sedangkan untuk non islam sebesar Rp 22 juta. Perbedaan tersebut terletak pada kotak beton yang diperlukan untuk jenazah dengan menggunakan peti.

"Biaya untuk Muslim Rp 17,6 juta, yang non Muslim itu Rp 22 juta. (Biaya) untuk gali lobang tutup lobang, tenda, kursi, sound system, makanan, batu nisan permanen, batu nisan sementara, bunga. Perbedaan harga kalau yang Muslim kan langsung ke tanah, non Muslim pakai peti. Jadi ketentuannya setiap penggunaan makam yang menggunakan peti jenazah diwajibkan menggunakan kotak beton. Nah bedanya bisa 4,5 juta. Kalau peti biasanya dari rumah duka atau keluarga, jadi kalau peti tidak termasuk dari San Diego," katanya.

Pengin tahu biaya kaveling di San Diego Hills? Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tangis BCL Pecah Saksikan Pemakaman Suami"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com