Saran Sandi ke Erick yang Mau Bereskan BUMN Sekarat

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 22 Feb 2020 15:30 WIB
Erick Thohir dan Sandiaga Uno
Foto: Dok. Instagram Erick Thohir
Jakarta -

Baru-baru ini, Menteri BUMN Erick Thohir kembali menjadi sorotan. Ia berencana menutup beberapa perusahaan BUMN berstatus sekarat atau yang secara bisnis dan keuangan terus melorot selain mengusulkan opsi penyehatan hingga likuidasi.

Pengusaha sekaligus Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku sepakat dengan rencana sahabatnya tersebut. Langkah tegas itu menurutnya penting karena menyangkut kepentingan publik.

"Saya sepakat dengan pak Erick apalagi kalau BUMN itu hidup segan mati tak mau dan akhirnya membebani. Karena ini kan uang rakyat, kalau akhirnya sekarat dan harus terus disuntik dan tapi tidak sembuh-sembuh, maka langkah-langkah yang disampaikan pak Menteri itu memang harus segara dilakukan," ujar Sandi ditemui di Rumah Siap Kerja, Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Sandi menyarankan selain menutup BUMN sekarat tersebut, opsi lain yang menurutnya bisa diambil Erick adalah menggabungkan perusahaan pelat merah yang memiliki bidang usaha sejenis menjadi satu untuk menyehatkan bisnis-bisnis tadi.

"Cara lain yang bisa diambil misalnya melalui merger, melalui revitalisasi atau hal-hal lain yang mesti diambil segera. Karena BUMN itu benteng perekonomian Indonesia. BUMN ini juga katalis untuk menggerakkan perekonomian kita untuk membuka lapangan kerja. Kalau BUMN juga nggak bisa jadi buffer ekonomi rakyat. BUMN ini malah membebani ekonomi rakyat," tambahnya.

Di sisi lain, Sandi mengusulkan agar dibentuk tim khusus yang nantinya secara fokus bisa menangani masalah BUMN seperti yang terjadi belakangan ini.

"Dibentuk tim khusus untuk mengkaji dan hasil kajiannya itu segera dieksekusi sehingga tidak berlarut-larut," katanya.

Soal aksi benah-benah BUMN ini, Sandi mengaku kerap memberikan masukan langsung kepada Erick sehingga sahabatnya tersebut bisa mengambil langkah yang tepat demi kepentingan bangsa.

"Saya memang tidak secara detail (dilibatkan langsung) tentunya pak Menteri punya timnya sendiri, tapi saya selalu memberikan masukan pada pak Erick, sahabat saya. Apalagi sekarang pak Erick ini menjadi sorotan. Sorotan karena dia salah satu yang berkinerja terbaik di pemerintahan sekarang di Kabinet, jadi kita ingin beliau juga sukses, untuk siapa suksesnya, ya untuk merah putih," ungkapnya.

Tak hanya soal BUMN, Sandi mengaku sering juga menasihati sahabatnya itu pada hal-hal lain yang mungkin lalai dikerjakan oleh Erick.

"Namun ada juga beberapa rambu-rambu yang selalu juga saya ingatkan, tapi kalau mengingatkan saya selalu sampaikan secara private, secara tertutup dan nanti menjadi bahan pertimbangan beliau," pungkasnya.



Simak Video "Rayakan Hari Kartini, Erick Thohir Kenang Pesan Sang Ibu"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)