Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 23 Feb 2020 12:00 WIB

Wajib Tahu! Ini Keuntungan Nabung Emas Dibanding Investasi Lainnya

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikFinance
emas Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Menabung emas di tahun 2020 bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang menguntungkan. Apalagi saat terjadinya wabah penyakit seperti virus Corona baru-baru ini, yang membuat harga emas melonjak naik sering dengan ketakutan pasar dan perlambatan sektor ekonomi dunia. Oleh karena salah satu investasi jangka panjang yang aman dan stabil adalah dengan menabung uang di dalam bentuk emas dan logam mulia.

Apalagi kini menabung emas bisa melalui aplikasi digital yang nantinya dikonversikan pula ke dalam bentuk emas fisik. Nah, selain dinilai sebagai investasi stabil, berikut adalah keuntungan dalam investasi emas lainnya seperti dilansir dari account-money.com.

Mudah Ditukar

Emas sangatlah mudah ditukar (baik dijual ataupun dibeli), dengan kisaran harga yang relatif stabil. Walaupun harga emas berubah-ubah, namun harga tersebut dapat diketahui dengan mudah oleh para investor sehingga lebih aman daripada investasi lainnya.

Merupakan Mata Uang Universal

Emas merupakan aset likuid yang berarti dapat di konversikan ke dalam bentuk uang mana saja. Tidak akan ada aspek negatif yang dimiliki emas, seperti devaluasi mata uang oleh pemerintah negara.

Sangat Dicari

Selain untuk mata uang, emas sangat dicari untuk banyak sektor lainnya. Contohnya seperti sektor pembuatan koin, elektronik, perhiasan, medali, dan banyak lagi yang membutuhkan emas sebagai bentuk barang. Harga emas sebagai komoditi juga tergantung oleh suplai dan kebutuhan dari sektor-sektor tersebut.

Tidak Dapat Dihancurkan

Emas sedari dahulu kala merupakan barang yang tidak dapat dihancurkan, baik melalui korosi, karat, ataupun bernoda. Emas tidak dapat dihancurkan dengan api, namun hanya meleleh dan bisa didaur ulang menjadi barang lainnya seperti perhiasan.

Taktil dan Dapat Dikoleksi

Emas dalam bentuk batangan dapat dirasakan (saat dipegang) dan menjadi koleksi yang berharga. Itulah beberapa keuntungan dalam berinvestasi emas. Nah Grab melalui aplikasi Grab Kios memudahkan kamu dalam berinvestasi emas. Di Grab Kios kamu bisa mulai menabung secara Syariah dengan nominal awal mulai dari Rp 10.000.

Selain itu nantinya emas yang kalian tabung di Grab Kios bisa dicetak fisik dengan sertifikasi dari Antam dan dapat dikirim ke seluruh Indonesia lho! Transaksi lewat Grab Kios aman karena diawasi langsung oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).



Simak Video "Milenial Investasi Emas, Siapa Takut?"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com