Bahlil dan Edhy Prabowo Merapat ke Kantor Luhut, Ada Apa?

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 24 Feb 2020 15:01 WIB
Kantor Kemenko Kemaritiman
Foto: Trio Hamdani
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia siang ini merapat ke kantor Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Pantauan detikcom di kantor Luhut, Jakarta, Senin (24/2/2020), Edhy tiba lebih dulu, lalu disusul oleh Bahlil sekitar 14.35 WIB. Saat ditanya mengenai kedatangannya, Bahlil tak menjawab dan buru-buru memasuki lift.

Namun berdasarkan agenda yang diterima, mereka dijadwalkan untuk melaksanakan rapat pembahasan persiapan high level meeting on green investment atau investasi 'hijau' di Sorong.

Berdasarkan catatan detikcom, mengacu pernyataan BKPM beberapa tahun lalu, di Indonesia ada 7 potensi sektor bisnis yang bisa berkontribusi dan dikembangkan investasi 'hijau'. Di antaranya pertanian, kehutanan, perikanan, energi, manufaktur, pembangkit listrik, dan geothermal.

Investasi hijau di sini maksudnya, sektor-sektor tersebut bisa menggunakan bahan baku dan proses yang ramah lingkungan.

Setidaknya ada 3 tantangan bagi industri atau investor maupun pemerintah dalam mengembangkan investasi 'hijau'. Pertama, industri butuh teknologi lain atau non konvensional untuk mendukung proses industri yang ramah lingkungan.

Tantangan kedua, kompetensi sumber daya manusia yang terbatas. Ketiga, insentif yang mendukung pengembangan industri hijau yang masih mahal.

Bahlil dan Edhy Prabowo Merapat ke Kantor Luhut, Ada Apa?


Simak Video "Menteri Edhy Genjot Potensi Perikanan di Pesisir Selatan Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)