Ajukan Mundur, Berapa Gaji Mahathir Sebagai PM Malaysia?

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 24 Feb 2020 18:30 WIB
Malaysias former prime minister Mahathir Mohamad and his wife Siti Hasmah Mohamad Ali take a selfie as they attend a Star Wars movie screening in this undated photo posted on Mahathirs Twitter account December 14, 2017. Social Media/Mahathir Mohamad via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. NO RESALES. NO ARCHIVES
Foto: REUTERS/Lai Seng Sin
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad memutuskan mundur dari jabatannya. Dia telah mengirimkan surat pengunduran dirinya kepada Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah.

Saat menjadi PM Malaysia, gaji Mahathir terbilang biasa saja, meskipun tentu masih lebih besar dari para menterinya.

Dari catatan detikcom, dilihat dari situs parlemen Malaysia, gaji bulanan perdana menteri yakni RM 22.827 (sekitar Rp 74,8 juta), wakil perdana menteri RM 18.168 (sekitar Rp 59,5 juta), menteri RM 14.907 (sekitar Rp 48,8 juta) dan wakil menteri RM 10.848 (sekitar Rp 35,5 juta).

Meski gajinya tak seberapa, Mahathir membuat gebrakan yang jadi sorotan ketika belum lama menjabat sebagai PM Malaysia untuk kedua kalinya. Dia mengumumkan memangkas gaji seluruh menteri di kabinetnya sebagai upaya mengurangi utang negara yang mencapai 1 triliun Ringgit.

Tak tanggung-tanggung, Mahathir memangkas 10% gaji dari masing-masing menteri. Selain mengurangi utang, pemangkasan gaji juga bertujuan untuk mengurangi pembelanjaan pemerintah.

Keputusan itu diambil setelah Mahathir menyalahkan pemerintahan sebelumnya yang dipimpin oleh Najib Razak, atas membengkaknya utang negara.

"Saya sudah diberitahu bahwa utang kita sebenarnya 1 triliun Ringgit, tetapi hari ini kita bisa mempelajari dan mencari cara untuk mengurangi utang ini. Potongannya adalah pada gaji pokok menteri. Ini untuk membantu keuangan negara," ujar Mahathir saat konferensi pers usai memimpin rapat mingguan Kabinetnya yang pertama sejak dilantik menjadi PM pada 10 Mei 2018.

"Ini telah menjadi praktik saya. Saya juga melakukan hal yang sama ketika saya menjadi perdana menteri pada tahun 1981," imbuh Mahathir seperti dilansir media Malaysia, The Star, Rabu (23/5/2018).

Ajukan Mundur, Berapa Gaji Mahathir Sebagai PM Malaysia?


Simak Video "Disingkirkan dari Partai Bersatu, Mahathir Melawan!"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)