Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 25 Feb 2020 12:12 WIB

Imbas Banjir, Penumpang Bisa Refund Tiket Kereta 100%

Soraya Novika - detikFinance
Stasiun Gambir Foto: Farih Maulana Sidik/detikcom
Jakarta -

Hujan deras mengguyur Jakarta sejak tadi malam. Hal itu membuat sejumlah titik di Jakarta dan sekitarnya kembali tergenang air alias banjir sejak pagi tadi hingga siang ini, Selasa (25/2/2020).

Akibatnya, beberapa rute perjalanan Kereta Api Jarak Jauh di Jabodetabek mengalami keterlambatan. Di antaranya adalah keberangkatan stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota.

Atas keterlambatan yang terjadi, PT KAI memberlakukan sistem pembatalan tiket atau bea pengembalian khusus (refund) bagi penumpang Kereta Api Jarak Jauh hingga 100%.

"PT KAI Daop 1 Jakarta memberlakukan pembatalan tiket KA atau bea pengembalian khusus bagi penumpang yang ingin membatalkan perjalanannya," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunnisa kepada detikcom, Selasa (25/2/2020).

Akan tetapi, menurut Eva, untuk klaim refund tak berlaku serta merta terhadap seluruh penumpang.

"Iya (refund 100%) sesuai dengan ketentuan yang berlaku," sambungnya.

Berikut ketentuan untuk refund:

1. Berlaku bagi penumpang keberangkatan KA dari Daop 1 Jakarta, baik yang terkena dampak banjir langsung maupun tidak langsung dengan jadwal keberangkatan pada tanggal 25 Februari 2020 mulai pukul 05.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB.

2. Pembatalan tiket/pengembalian bea dapat dilakukan maksimal 3 x 24 jam setelah jadwal keberangkatan kereta api.

3. Untuk proses pembatalan wajib menyertakan bukti fisik tiket dan KTP atau Kartu Identitas lain yang asli dengan nama sesuai pada tiket

4. Pembatalan tiket hanya dapat dilakukan di Loket Stasiun

Untuk area Jakarta, bagi calon penumpang KA terdampak banjir yang ingin membatalkan tiket dapat melakukan pembatalan di stasiun Gambir, Pasar Senen dan Jakarta Kota.

"Di luar area Jakarta pembatalan juga dapat dilakukan di Stasiun Bogor, bekasi, Cikampek, Rangkasbitung dan Serang. Atau bisa juga melalui stasiun online lainnya yang memungkinkan. Pembatalan dapat dilakukan maksimal 3 hari setelah jadwal keberangkatan, dan bea tiket akan dikembalikan 100% secara tunai," terangnya.

Tiket yang dapat dibatalkan pun hanya terbatas pada tiket Pergi-Pulang (PP), serta tiket lainnya yang memiliki sifat persambungan atas nama penumpang yang memiliki tiket KA keberangkatan wilayah Daop 1 Jakarta tanggal keberangkatan 25 Februari 2020.

"Misal, untuk perjalanan Gambir - Jember, maka tiket menyambung dengan KA selanjutnya akan digantikan," sambungnya.

PT KAI Daop 1 Jakarta menghimbau kepada calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan tiket agar tidak lupa untuk membawa kartu identitas (KTP) asli sesuai dengan yang tertera di tiket, dan tiket atau struk resmi pembelian tiket.

"Kemudian langsung mengunjungi loket go show yang ada di stasiun untuk bea pengembalian," tutupnya.



Simak Video "Cegah Penyebaran Corona, KAI Hadirkan Rail Clinic di Stasiun Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com