Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 25 Feb 2020 15:24 WIB

Banjir di Hari Kerja Bikin Ekonomi Jakarta Lumpuh

Danang Sugianto - detikFinance
Hujan yang mengguyur kawasan Jakarta Utara menyebabkan banjir di Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading. Jalan ini memang kerap dilanda banjir saat hujan deras mengguyur. Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Jakarta dan beberapa wilayah di sekitarnya kembali mengalami banjir. Ini merupakan kedua kalinya banjir parah terjadi sejak awal tahun kemarin. Meskipun di beberapa tempat juga sudah beberapa kali kebanjiran lantaran curah hujan yang cukup tinggi.

Banjir yang terjadi hari ini disebut lebih parah dibandingkan banjir di awal tahun kemarin. Bukan dari segi penyebaran dan kedalaman banjir, tapi lebih parah dari sisi ekonomi. Sebab banjir awal tahun terjadi di hari libur, sedangkan hari ini di hari kerja.

"Dibandingkan dengan banjir di awal tahun kemarin, kerugian banjir saat ini jauh lebih besar karena ada di hari kerja. Produktivitas Jakarta dan sekitarnya lumpuh," kata Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira kepada detikcom, Selasa (25/2/2020).

Bhima menjelaskan, ada beberapa dampak banjir hari ini terhadap ekonomi Jakarta. Pertama sektor ritel terpukul dengan menurunnya kunjungan ke pusat-pusat perbelanjaan dan restoran.

"Bahkan beberapa mal masih terputus listriknya hingga siang ini, sehingga pengunjung tidak nyaman. Akses ke pusat perbelanjaan juga banyak yang terganggu," terangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com